Dinamika Politik dalam Proses Pembentukan Kabupaten Luwu Tengah

Authors

  • Sunarwan Sulaiman Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/politics.v3i2.5731

Keywords:

Dinamika Proses, Pemekaran Daerah, Hambatan Pemekaran

Abstract

Daerah induk kabupaten atau kota tidak jarang ditemukan masalah dalam proses pemekaran daerah. Masalah terkait dengan rentang kendali suatu daerah yang dianggap terlalu luas. Salah satunya bagian Kabupaten Luwu bagian utara yang ingin memisahkan diri dari Kota induk. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis dinamika proses dan faktor yang menghambat pembentukan Kabupaten Luwu Tengah. Desain penelitian adalah metode penelitian berdasarkan kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikantemuan di lapangan. Data yang dikumpulkan oleh petugas lapangan meliputi dinamika Tokoh masyarakat dan hambatan-hambatan dalam proses pemekaran daerah. Deskriptif analisis digunakan untuk menganalisis dinamika proses dan faktor yang menghambat pembentukan Kabupaten Luwu Tengah. Hasil penelitian adalah dinamika proses tentang Konflik kepentingan antara pro dan kontra, yakni salah satu anggota DPRD menanggapi lewat media Koran Kota Palopo bahwa kecamtan Walenrang-Lamasi seharusnya bergabung di Kota Palopo, karena sarana dan prasarana, ekonomi, dan fasilitas pelayanan masyarakat belum dapat dipastikan memenuhi hasil kajian pemerintah Provinsi. Sedangkan Pro menolak Walmas untuk bergabung ke Kota Palopo, Hambatannya adalah sebelumnya terdapat dua kecamatan yang menghambat pemekaran, syarat pemekaran yang belum terpenuhi dan moratorium. Disimpulkan bahwa konflik antara pro dan kontra terkait Walmas bergabung ke Kota Palopo karena syarat pemekaran daerah belum memenuhi. Diharapkan Walmas yang ingin dimekarkan harus sesuai syarat-syarat pemekaran daerah sehingga tidak menjadi daerah tertinggal jika dmekarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sunarwan Sulaiman, Universitas Hasanuddin

Magister Ilmu Politik

References

Karim, Abdul Gaffar, Amirudin, Mada Sukmajati, dan Nur Azizah. 2011. Kompleksitas Persoalan Otonomi Daerah di Indonesia.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nordholt, Hennk Schulte dan Gerry van Klinken dan Ireen Karang-Hoogenboom. 2007. Politik Lokal di Indonesi.Jakarta: Yayasan Obor Indonesia dan KITLV-Jakarta.

Ratnawati, Tri. 2009.Pemekaran Daerah: Politik Lokal & Beberapa Isu Terseleksi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Surbakti,Ramlan. 2010. Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarna Indonesia.

Nas, Jayadi. 2007. Konflik Elite di Sulawesi Selatan: Analisis Pemerintahan dan Politik Lokal.”Jakarta: Yayasan Massaile Bekerja Sama dengan Lembaga Penerbitan Unhas.

Winarno, Budi. 2008. Sistem Politik Indonesia: Era Reformasi. Yogyakarta: Media Pressindo.

Bailusy, Muhammad Kausar. 2012. Politik Lokal dalam Sistem Otonomi Daerah.Ciputat: Mazhab Ciputat.

Downloads

Published

2017-07-28

How to Cite

Sulaiman, S. (2017). Dinamika Politik dalam Proses Pembentukan Kabupaten Luwu Tengah. The Politics : Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 3(2), 125-142. https://doi.org/10.31947/politics.v3i2.5731

Issue

Section

Articles