Keterpilihan Calon Legislatif Perempuan Partai Golkar pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014 di Kabupaten Sidrap

Authors

  • Mutmainnah Mutmainnah Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/politics.v3i2.5732

Keywords:

Keterpilihan Perempuan, Affirmative Action, Perilaku Pemilih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keterpilihan calon legislatif perempuan yang terpilih hanya satu orang pada pemilihan legislatif tahun 2014 di Kabupaten SIDRAP. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan sebelumnya, maka dapat di simpulkan oleh penulis, yaitu sebagai berikut: keterpilihan perempuan perempuan pada pemilihan legislatif di Kabupaten SIDRAP sangat rendah, dari 4 daerah pemilihan yang telah terpenuhi kuota 30% perempuan yang terpilih hanya satu perempuan dari partai GOLKAR. Rendahnya keterpilihan perempuan sangat di pengaruhi dari rekrutmen partai GOLKAR yang kurang serius, hanya melihat popularitas dan ketokohan keluarga di setiap daerah pemilihan bukan kapabilitas perempuan itu sendiri sehingga berdampak pada calon legislatif yang kurang mampu untuk melakukan sosialisasi di masyarakat agar mereka dipilih. Perilaku pemilih perempuan yang masih tradisonal yang memilih calon legislatif atas dasar kekeluargaan yang masih kuat di Kabupaten SIDRAP membuat calon legislatif perempuan kurang terpilih. Kebijakan affirmative action hanya sebagai syarat pencalonan tetapi tidak menjadi jaminan untuk terpilih bagi perempuan. Adapun saran penelitian adalah calon legislatif perempuan harus di bekali pendidikan dari awal terkait masalah partai politik supaya mampu untuk bersaing dengan calon legislatif yang lain. Partai GOLKAR merekrut perempuan yang berkapabilitas bukan sekedar pengisi kekosongan kuota yang merupakan syarat partai menjadi peserta PEMILU legislatif. Perempuan dapat memperjuangkan aspirasi mereka sehingga tidak termajinalkan dari berbagai sektor pembagungan termasuk partai politik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mutmainnah Mutmainnah, Universitas Hasanuddin

Magister Ilmu Politik

References

Abdilah S. Ubet. 2002. Politik Identitas Etnis. Magelang: Yayasan Indonesia Siatera.

Anugrah SH dan Astrid. 2009. Keterwakilan Perempuan dalam Politik. Jakarta: Pancuran Alam.

Efriza. 2012. Political Explore. Bandung: ALFABETA.

Fadli, Muhammad, Muh. Kausar Bailusy, Jayadi Nas dan Achmad Zulfikar. (2018) Keterlibatan Elit Lokal dalam Peningkatan Partisipasi Politik pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Toraja Utara Tahun 2015. ARISTO Vol. 6 No. 2 (2018).

Fakih, Mansour. 2008. Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: INSIST PRESS.

Firmanzah. 2008. Mengelolah Partai Politik, Yayasan Obor Indonesia, Jakatra.

Hemas, GKR, Dkk. 2013. Perempuan Parlemen Dalam Cakrawala Politik Indonesia. Dian Rakyat, Jakarta.

Heywood Andrew. 2014. Politik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Indra, Gosal. Elektabilitas Sahrul Yasin Limpo pada Pemilihan Gubernur 2013 di Kabupaten Toraja Utara. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Ishiyama, Jonh T & Breuning Marjike. 2013. Ilmu Politik Paradigma Abad Kedua Puluh Satu, Kencana, Jakarta.

Kambo, Gustiana Anwar. (2017). Penguatan Identitas Perempuan dalam Pemilihan Kepala Daerah. The Politics: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Vol. 3 No. 1, Januari 2017.

KIPP. Analisa Perilaku Pemilih dalam Memilih Calon atau Peserta Pemilu di Kabuapen Sampang, KPU, 2015.

Misykiyah, Noviya Nailul. 2016. Faktor Pendorong Keterpilihan Calon Legislatif Perempuan di Pemilihan Umum DPRD Kabupaten Kudus 2014. Semarang: Universitas Diponegoro.

Nimrah, Siti dan Sakaria Sakaria. (2015). Perempuan dan Budaya Patriarki dalam Politik: Studi Kasus Kegagalan Caleg Perempuan dalam Pemilu Legislatif 2014. The Politics: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Vol. 1 No. 2, Juli 2015.

Rahman, Laila Rahmawati, Jusuf Harsono dan Diah Suluh Kusuma Dewi. (2017). Pengalaman Partai Politik pada Pemilu Legislatif Tahun 2014 dalam Pemenuhan Kuota Keterwakilan Perempuan di Kabupaten Ponorogo. The Politics: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Vol. 3 No. 1, Januari 2017.

Silaban, Ahmad Hening. (2015). Implementasi Politik Perempuan di Kota Makassar. The Politics: Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Vol. 1 No. 1, Januari 2015.

Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Downloads

Published

2017-07-28

How to Cite

Mutmainnah, M. (2017). Keterpilihan Calon Legislatif Perempuan Partai Golkar pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2014 di Kabupaten Sidrap. The Politics : Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 3(2), 94-107. https://doi.org/10.31947/politics.v3i2.5732

Issue

Section

Articles