Smart Governance dalam Program Homecare Dottorotta di Kota Makassar

Authors

  • Yuliarty Dwi Putri Ma’mur Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muchlas M. Tahir Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Nurmaeta Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31947/politics.v3i2.5734

Keywords:

Smart Governance, Inovasi, Homecare

Abstract

Artikel ini membahas tentang program Home care “Dottorotta” dalam smart governance di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat di Kota Makassar dengan adanya program Home Care “Dottorotta” ini.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan tipe penelitian ini menggunakan teori studi kasus dengan informan 5 orang yang dipilih sesuai purpovise sampling, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumnetasi, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, sajian data dan verifikasi dan teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu.Hasil penelitian dari Program Home Care  “Dottorotta” di kota Makassar menunjukkan bahwa penerapan program Home Care di kota Makassar masih belum sepenuhnya terlaksana sesuai dengan pelayanan public dan sosial. Adanya faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi proses penerapan program membuat pelaksanaan program ini masih terbatas oleh tenaga medis yangturun kelapangan, sosialisasi yang belum merata, serta masih kurangnya tingkat partisipasi yang masih belum melibatkan banyak pihak didalamnya. Juga keberlanjutan dari Program yang masih dipertanyakan karena Home Care ini belum berdasar hukum Peraturan Daerah. Namun, konsep yang di usung oleh program ini telah menyentuh kebutuhan penting masyarakat local Kota Makassar yaitu pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan mudah dijangkau oleh seluruh lapisan sosial masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yuliarty Dwi Putri Ma’mur, Universitas Muhammadiyah Makassar

Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Muchlas M. Tahir, Universitas Muhammadiyah Makassar

Program Studi Ilmu Pemerintahan

Sitti Nurmaeta, Universitas Muhammadiyah Makassar

Program Studi Ilmu Pemerintahan

References

Feldman, L. S., Costa, L. L., Feroli Jr, E. R., Nelson, T., Poe, S. S., Frick, K. D., ... & Miller, R. G. (2012). Nurse‐pharmacist collaboration on medication reconciliation prevents potential harm. Journal of Hospital Medicine, 7(5), 396-401.

Kumar, T. V. (2015). E-governance for smart cities. In E-governance for smart cities (pp. 1-43). Springer, Singapore.

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).

Huberman, M., & Miles, M. B. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. UIPress. Jakarta.

Muhammadiah, M. (2011). Reformasi Pelayanan Publik Sebagai Strategi Mewujudkan Good Governance. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).

Nurmandi, A. (2015). Manajemen Perkotaan: Teori Organisasi, Perencanaan, Perumahan, Pelayanan dan Transportasi Mewujudkan Kota Cerdas. JK School of Government UMY.

Peraturan Daerah No.23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dan Atribut Inovasi Pemerintahan Daerah.

Peraturan Walikota No.6 Tentang Kunjungan Rumah ke rumah 24 jam (home care) di Kota Makassar

Prianto, A. L. (2011). Good Governance dan Formasi Kebijakan Publik Neo-Liberal. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Supangkat,S.H.2015. Essay Smart City Devolopment in Indonesia and AsianAfrica Nations. IEICE Global Plaza No.78

Tahir, M. M. dan Harakan, A. (2018). Inovasi Pemerintah Daerah dalam Pelaksanaan Program Smart Card Di Kota Makassar.

Usman, J. (2011). Manajemen Birokrasi Profesional dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2).

Downloads

Published

2017-07-28

How to Cite

Ma’mur, Y. D. P., Tahir, M. M., & Nurmaeta, S. (2017). Smart Governance dalam Program Homecare Dottorotta di Kota Makassar. The Politics : Jurnal Magister Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 3(2), 143-156. https://doi.org/10.31947/politics.v3i2.5734

Issue

Section

Articles