Kajian Hasil Tangkapan Bagan Tancap Menggunakan Alat Bantu Lampu LED Kombinasi Warna Putih-Biru-Kuning di Perairan Pangkep

Authors

  • Muh. Zulqidar Fauzi Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Kurnia Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Musbir Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah hasil tangkapan dan perbandingan berdasarkan waktu hauling. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Oktober 2021 di Kampung Solo, perairan Pangkep sebanyak 15 trip 30 hauling penangkapan. Metode penelitian yang digunakan ialah studi kasus satu unit bagan tancap dengan alat bantu penangkapan lampu LED kombinasi warna putih-biru-kuning. Data dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan Uji Mann Whitney (non parametrik). Hasil menunjukkan terdapat 28 jenis ikan dengan total jumlah 402,55 kg. Tangkapan dominan terdapat 8 spesies, yaitu Peperek (Leiognathus equulus), Cumi – cumi (Loligo sp), Lemuru (Sardinella fimbriata), Buntal licin (Lagocephalus sceleratus), Teri (Stolephorus indicus), Kepiting (Portunus pelagicus), Selar (Selaroides leptolepis), dan Tembang (Dussumieria elopsoides). Jumlah hasil tangkapan pada saat hauling 1 dan pada saat hauling 2 relatif sama pada setiap trip. Hasil analisis uji Mann Whitney menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari hasil tangkapan pada saat hauling 1 dan pada saat hauling 2

Downloads

Download data is not yet available.

References

Absal, Muhammad Alfian, 2016. Studi Penggunaan Lampu Light Emitting Diode (LED) Dalam Menarik Perhatian Ikan Pada Bagan Tancap di Perairan Pangkep Sulawesi Selatan. Skripsi Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Universitas Hasanuddin. Makassar.

Amiruddin, M. 2013. Studi Pemanfaatan Lampu Pijar 500 W Dalam Menarik Perhatian Ikan Pada Bagan Tancap Di Perairan Kabupaten Pangkep. Skripsi. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Baskoro, M.S., dan A.A. Taurusman.2011. Tingkah Laku Ikan. Hubungannya dengan Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. Bandung: Lubuk Agung

Baskoro, M.S., A.A. Taurusman, dan Sudirman. 2011. Tingkah Laku Ikan Hubungannya dengan Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap. Lubuk Agung. Bandung. Hlm. 258.

Bekak, D. O., dan M. D. Letik, 2017. Desain Penerangan Bagan Tancap/Tanam Bagi Nelayan Tradisional Di Lasiana dan Tuak Sabu dengan Menggunakan Pembangkit ListrikTenaga Surya (PLTS). Politeknik Negeri Kupang.

Subani, W., dan H. R. Barus, 1989. Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut. Jurnal Penelitian Perikanan Laut No. 5 tahun 1988 (Edisi Khusus). Jakarta. 248 hal.

Sudirman dan Mallawa, A. 2004. Teknik Penangkapan Ikan. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudirman. 2013. Mengenal Alat dan Metode Penangkapan Ikan. Rineka Cipta. Jakarta. Hal 149.

Sudirman, M.S Baskoro., A. Purbayanto., Safruddin., A. Latif., Surahman. 2006. Hubungan Antara Kecerahan Perairan dan Kecepatan Arus Dengan Hasil Tangkapan dan Pengoperasian Bagan Rambo Di Selat Makassar. Jurnal Ilmiah Sorihi. Volume 1. No.5.

Sulaiman, M., M.S. Baskoro., A.A.Taurusman., S.H. Wisudo., R.Yusfiandayani. 2015. Tingkah Laku Ikan pada Perikanan Bagan Pete-pete yang Menggunakan Lampu LED. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kelautan Tropis, Vol. 7, No 1, Hlm. 205-223, Juni 2015.

Sudirman, Najamuddin, dan Mahfud Palo. 2013. Efektivitas Penggunaan Berbagai Jenis Lampu Listrik untuk Menarik Perhatian Ikan Pelagis Kecil pada Bagan Tancap. JPPI. Vol. 19. No. 3. Sept 2013. Jakarta.

Sudirman, Musbir dan M.Kurnia. 2017. Uji Coba dan Pemanfaatan Lampu Light Emitting Diode (LED) sebagai atraktor ikan pada bagan tancap. Jurnal IPTEKS Unhas 2017

Sudirman, Musbir dan M.Kurnia. 2018. Aplikasi Variasi Warna Lampu LED sebagai Atraktor pada alat Tangkap bagan Tancap. Laporan Penelitian. LPPM. Unhas 2018.

Sudirman, Musbir dan M.Kurnia, 2019. Aplikasi Variasi Warna pada Lampu Light Emiting Diode (LED) sebagai atraktor ikan pada bagan tancap. Laporan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi Universitas hasanuddin. LPPM. Unhas.

Susaniati, W., et al. 2013. Produktivitas Daerah Penangkapan Ikan Bagan Tancap yang Berbeda Jarak dari Pantai di Perairan Kabupaten Jeneponto. Jurnal Akuatika Vol. IV No. 1 tahun 2013. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Takril. 2005. Hasil tngkapan sasaran utama dan sampingan bagan perahu di Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. [skripsi]. Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Muh. Zulqidar Fauzi, Muhammad Kurnia, & Musbir. (2021). Kajian Hasil Tangkapan Bagan Tancap Menggunakan Alat Bantu Lampu LED Kombinasi Warna Putih-Biru-Kuning di Perairan Pangkep. Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan, 8. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/proceedingsimnaskp/article/view/14949