Re-Formulasi Pengembangan Daya Saing Usaha Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Bone (Studi Kasus, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone)

Authors

  • Andi Adri Arief
  • Harnita Agusanty
  • Muh. Dalvi Mustafa

Abstract

Jurnal ini mendiskusikan tentang faktor-faktor utama yang berpengaruh terhadap pengembangan budidaya rumput laut, dan (3) menentukan strategi pengembangan budidaya rumput laut di Kecamatan Tanete Riattang Timur. Dasar penelitian ini adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan participatory rapid appraisal. Data dianalisis secara kualitatif. Penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling pada 45 orang responden di 6 kelurahan pantai. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai September 2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor utama yang berpengaruh terhadap pengembangan budidaya rumput laut adalah tersedianya lahan 85,9 % dengan kondisi layak, tenaga kerja , kelayakan usaha sebesar 1,34 berdasarkan analisis OI/Ratio, akses permodalan, pemasaran hasil, penanganan pascapanen, dan kebijakan pemerintah daerah. Strategi pengembangan yang dapat dilakukan adalah penataan lahan dan desain konstruksi metode budidaya, penerapan metode long line dan rakit apung pada perairan lepas pantai, mengaktifkan penyuluhan sistem “laku” (latihan dan kunjungan), pengaturan jadwal tanam, bimbingan teknis budidaya dan manajemen usaha, membentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB), perencanaan lokasi budidaya dengan melibatkan stakeholders, membuat zonasi wilayah pesisir dan laut, membentuk kemitraan antara pembudidaya dengan pengusaha, dan memberikan bantuan permodalan dengan sistem bergulir dan kredit dengan subsidi bunga. Kata Kunci: Rumput Laut, Budidaya, Pengembangan 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisasmita. 2006. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Amin, M., Rumayor, T.P., Femmi, N.F.,Kemas, D., Suwitra, I.K. 2005. Kajian Budidaya Rumput Laut Eucheuma cottonii dengan Sistem dan Musim yang Berbeda di Kabupaten Bangkep Sulawesi Tengah. Jurnal Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian Volume 8 Nomor 2 Juli 2005. Jakarta.

Ananta, A. 1988. Dampak Pendidikan pada Penghasilan, Kasus Jawa Timur. Lembaga Demografi FE-UI. Jakarta.

Anggadireja, T.J,. A.Zatnika, H.Purwoto, S. Istini. 2006. Rumput Laut. Penebar Swadaya. Jakarta.

Arikunto. S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineke Cipta. Jakarta.

Aslan, M.L. 1998. Rumput Laut. Penerbit Kanisius. Jakarta.

Badan Pusat Statistik. 2008. Kabupaten Bone dalam Angka Tahun 2008. BPS Kabupaten Bone. Watampone.

Budiharsono, S. 2001. Teknik Analisis Pembangunan Wilayah Pesisir dan Lautan. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

Bungin, B. 2001. Metodeologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis Ke Arah Ragam Varian Kontemporer. PT. Raja Grafindi Persada, Jakarta.

Dahuri, R., J.Rais, S.P.Ginting, dan M.J. Sitepu. 1996. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Pramudya Paramita. Jakarta.

Dahuri, R. 2000. Pendayagunaan Sumberdaya Kelautan untuk Kesejahteraan Rakyat. LISPI. Jakarta.

Dahuri, R. 2002. Pengelolaan Kelautan dan Perikanan Nasional. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Departemen Kelautan dan Perikanan. 2006. Strategi Pembangunan Kelautan dan Perikanan 2007. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bone. 2008. Laporan Tahunan 2008, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bone. Watampone.

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. 2002. Strategi Pengembangan Budidaya Rumput Laut dalam Rangka Mendukung Protekan 2003. Di dalam Temu Konsultasi Teknis Pengembangan Budidaya Rumput Laut Lintas Sektor dan Subsektor. Departemen Kelautan dan Perikanan RI. Jakarta.

Farchan, M., Hendarsih, N. 2005. Analisis Finansial Budidaya Rumput Laut Eucheuma cottonii dengan Metode Tali Rawai (Long Line) di Perairan Teluk Banten. Jurnal BAPPL Sekolah Tinggi Perikanan Jakarta, Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta. 59 : 43 – 48.

Friedman, John. 1992. Empowerment : The Politics Of Alternative Development. Cambridge : Blackwell Publishers.

Hartati, S. 2003. Kajian Pemberdayaan Petani Rumput Laut dan Kontribusinya terhadap Kesejahteraan Masyarakat Pesisir di Pulau Panggang. Tesis tidak diterbitkan. Program Pascasarjana IPB. Bogor.

Khasanaturodhiyah, S. 2002. Kajian Partisipasi Peserta dan Kinerja Pengelolaan Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP). IPB. Bogor.

Kusnadi. 2006. Filosofi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir. Humaniora Press. Bandung.

Kusumasutanto, K. 1997. Metode penelitian dan Analisis Data Sosial Ekonomi dalam Pengelolaan Ekosistem Hutan Mangrove. Makalah Pelatihan Pengelolaan Hutan Mangrove Lestari Angkatan I, 18 Agustus s/d 18 Oktober 1997. Bogor.

Rangkuti, F. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis: Reorientasi Konsep Perencanaan Strategi untuk Menghadapi Abad 21. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Rani, Petrus.P-M., Tjaronge, M., Mun Imah, M. 2009. Musim Tanam Rumput Laut di Perairan Tonra, Kabupaten Bone, Pantai Timur Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Balai Riset Perikanan Budidaya Air Payau. Maros.

Santoso, S. 1997. Analisis Pendapatan Petani. Harverindo. Jakarta.

Saleh, Soetrisno. 1991. Pemasaran Rumput Laut dan Produk Olahannya. Proseding Temu Karya Ilmiah. Teknologi Pasca Panen Rumput Laut. Departemen Pertanian RI. Jakarta.

Satria, A., A. Umbari, A. Fauzi, A. Purbayanto, E. Sutarto, I. Muchsin, I. Muflikhati, M. Karim, S. Saad, W. Oktariza, dan Z. Imran. 2002. Menuju Desentralisasi Kelautan. PT. Pustaka Cidesindo, Jakarta.

Singarimbun, M., Effendi, S. 1989. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Jakarta.

Studio Driya Media. 1996. Acuan Penerapan Participatory Rural Appraisal, Berbuat Bersama Berperan Setara. Bandung.

Soebarini, S.Z., 2003. Prospek Agribisnis Rumput Laut (Eucheuma cottonii) Terhadap Peningkatan Pendapatan Petani di Kabupaten Takalar. Tesis tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Unhas. Makassar.

Soekartawi. 1991. Agribisnis. Rajawali Press. Jakarta.

Soekartawi. 1993. Manajemen Pemasaran Hasil-Hasil Pertanian. Rajawali Press. Jakarta.

Sumodiningrat, Gunawan. 1999. Kemiskinan; Teori, Fakta dan Kebijakan, Jakarta, IMPAC.

Surachmat, A. 2004. Studi Dampak Pengoperasian Sero Terhadap Benih Ikan Kerapu (Epinephalus spp) di Perairan Kabupaten Bone. Tesis tidak diterbitkan. Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin. Makassar.

Tim Penulis Penebar Swadaya. 2007. Agribisnis Perikanan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Universitas Hasanuddin. 2009. Kajian, Monitoring dan Evaluasi Transfer Teknologi Alat Tangkap Set Net dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Pesisir di Kabupaten Bone. Kerjasama Pemerintah Kabupaten Bone, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas, dan SUPM Negeri Bone. Makassar.

Downloads

Published

2018-07-22

How to Cite

Arief, A. A., Agusanty, H., & Mustafa, M. D. (2018). Re-Formulasi Pengembangan Daya Saing Usaha Budidaya Rumput Laut di Kabupaten Bone (Studi Kasus, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone). Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan, 5. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/proceedingsimnaskp/article/view/4632