Perbandingan Desain Kapal Purse seine yang Dioperasikan di Selat Makassar dengan Kapal Purse seine yang Dioperasikan Laut Flores

Authors

  • Ratu Alang Fajrin
  • St. Aisjah Farhum
  • Ilham Jaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan desain kapal purse seine yang dioperasikan di Selat Makassar dan Laut Flores. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus dengan cara melakukan pengukuran secara langsung terhadap bentuk kapal, pengukuran ordinat kapal dan wawancara sebagai data primer. Sampel juga diperoleh dari data hasil penelitian pengukuran kapal purse seine yang beroperasi di perairan Selat Makassar dan Laut Flores. Data pengukuran kapal tersebut kemudian ditampilkan dalam tabel offset kapal, gambar lines plan dan general arrangement kapal dan kemudian dianalisis untuk mengetahui spesifikasi teknis kapal sampel. Hasil penelitian menunjukkan parameter desain kapal purse seine di Selat Makassar dan Laut Flores diperoleh secara umum tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kapal desain kapal di kedua perairan tersebut. Kata Kunci: Kapal Perikanan, Purse seine, Desain, Selat Makassar, Laut Flores 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayodhyoa. 1972. Kapal Perikanan. Fakultas Perikanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Identifikasi Struktur dan Bagian-Bagian Kapal Perikanan. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta.

Dohri, M. dan N. Soedjana. 1983. Kecakapan Bahari 1. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta.

Fyson, J. 1985. Design of Fishing Vessel. FAO-Fishing News Book, Ltd. England.

Imran, A. 2014. Identifikasi Kapal Perikanan di Kecamatan Liukkang Tuppabiring Kabupaten Pangkep. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Makassar.

Iskandar, B. H. 1990. Studi Tentang Desain dan Konstruksi Kapal Gillnet di Indramayu. Skripsi. Institut Perikanan dan Ilmu Kelautan. Bogor.

Kirana, D. I. 2000. Studi Tentang Kapal Purse Seine di Eretan Wetan, Indramayu. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Bogor.

Monintja, D. R., Pasaribu, B. P., dan Jaya, I. 1986. Manajemen Penangkapan Ikan. Direktorat Jenderal Perikanan. Semarang

Mulyanto, D. R. dan A. Zyaki. 1985. Pengertian Dasar Besaran-Besaran Kapal. Semarang: Direktorat Jenderal Perikanan.

Nomura dan Yamazaki. 1975. Fishing Techniques. Tokyo: Japan International Cooperation Agency.

Nurdin, H.S. 2010. Studi kesesuaian Desain dan Konstruksi Kapal Purse Seine di Kelurahan Tana Lemo Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan

Pratiwi, Lastri. 2012. Analisis Desain Kapal Cantrang di Desa Aeng Batu-Batu Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Makassar.

Risa, R. D. 2014. Studi Desain Kapal Purse Seine di Desa Tamalate Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Makassar.

Rouf, A. R. A. 2004. Bentuk Kasko dan Pengaruhnya Terhadap Tahanan Kasko Kapal Ikan. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Bogor.

Schmidt, P. G. 1960. Purse Seining: Deck Design and Equipment. Fishing Boat of The World 2. Fishing News Book Ltd. Farham, Surrey, England.

Subroto, D. C. J. 2015. Efektivitas Peraturan Tentang Jalur Pengoperasian Purse seine Di Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Makassar.

Sudirman. 2016. Keragaman Aspek Teknis Kapal Purse seine yang Dioperasikan di Selat Makassar Sulawesi Selatan. Skripsi. Universitas Hasanuddin. Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Makassar.

Sudirman dan Achmar Mallawa. 2004. Teknik Penangkapan Ikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Traung. 1990. Fishing Boats of The World: 2. Fishing News (Book). England.

Umam, M. 2007. Desain dan Konstruksi Kapal Purse Seine “Semangat Baru” di Galangan Kapal Pulau Tidung. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan. Bogor.

Undang-Undang No. 21 tahun 1992. Tentang Pelayaran. www.stp.kkp.go.id

Downloads

Published

2018-07-22

How to Cite

Fajrin, R. A., Farhum, S. A., & Jaya, I. (2018). Perbandingan Desain Kapal Purse seine yang Dioperasikan di Selat Makassar dengan Kapal Purse seine yang Dioperasikan Laut Flores. Prosiding Simposium Nasional Kelautan Dan Perikanan, 5. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/proceedingsimnaskp/article/view/4654