Analisis Penerapan Manajemen Pajak atas Pajak Penghasilan Badan

Authors

  • Sitti Nur Azizah Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin
  • Haerial Haerial Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Ashari Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.26487/akrual.v15i1.20834

Keywords:

Analisis: Manajemen Pajak; Pajak Penghasilan Badan; Efisiensi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis penerapan manajemen pajak atas pajak penghasilan badan di PT Manjaya Utama. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan mendeskripsikan analisis penerapan manajemen pajak pada pembayaran Pajak Penghasilan Badan di PT Manjaya Utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis penerapan manajemen pajak di PT Manjaya Utama dapat mengefisiensikan pembayaran pajak penghasilan badan namun belum optimal tetapi telah berjalan sesuai dengan ketentuan undang-undang perpajakan yang berlaku seperti dengan terdaftar sebagai wajib pajak, melakukan pembukuan, dan membayar pajak tepat waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, A., dan Sundarta, M. I. 2016. Fenomena Pengampunan Pajak (Tax Annesty), Penghindaran Pajak (Tax Avoidance) Dan Perencanaan Pajak (Tax Planning). Neraca Keuangan: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 11(1).

Fatimaleha, W., Atichasari, A. S., dan Hernawan, E. 2020. Peran Tax Planning dan Konsultan Pajak. STATERA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2(1): 81-96.

Suandy, Erly. 2017. Perencanaan Pajak. Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara Dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta.

Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Jakarta.

Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan. Jakarta

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Nur Azizah, S., Haerial, H., & Ashari, M. (2022). Analisis Penerapan Manajemen Pajak atas Pajak Penghasilan Badan. Akrual: Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Kontemporer, 15(1), 43-51. https://doi.org/10.26487/akrual.v15i1.20834

Issue

Section

Articles