Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Produk Pembiayaan Rahn pada Cabang Pegadaian Syariah Pangkajene
Keywords:
Tarif Ujrah, Aspek Syariah, Keputusan Nasabah, Pembiayaan RahnAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh tarif ujrah dan aspek syariah terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan Rahn pada Cabang Pegadaian Syariah Pangkajene. Data penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner dengan sampel 99 nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tarif ujrah berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan rahn, sedangkan aspek syariah tidak berpengaruh. Dan, secara bersama-sama variabel tarif ujrah dan aspek syariah berpengaruh terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan rahn, Hasil penelitian ini mampu menjadi masukan bagi Cabang Pegadaian Syariah Pangkajene dalam memberikan pemahaman terkait transaksi gadai syariah.
References
Adib, M. 2014. Faktor-faktor yang Memengaruhi Masyarakat dalam Memilih Produk Rahn di Kantor Cabang Pegadaian Syariah Ciputat. Jurnal OPAC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1(1): 44-56
Anshori, A. G. 2011. Gadai Syariah di Indonesia. Malang: Gajah Mada University Press.
Ascarya. 2015. Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Ayyub, M. 2009. Understanding Islamic Finance. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Dzajuli, A. 2007. Kaidah-Kaidah Fikih. Jakarta: Prenada Media Group.
Fadllan. 2014. Gadai Syariah : Perspektif Fikih Muamalah dan Aplikasinya dalam Perbankan. Iqtishadia, 1(1): 30-41.
Fitrianah, D. E. 2017. Analisis Tarif Ujroh pada Produk Rahn (Gadai Mas) di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Simpang Patal Unit Pasar Perumnas Palembang. Journal on Islamic Economics, 4(2): 1-4.
Ghozali, I. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadijah, S. 2015. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Nasabah Menggunakan Jasa Pegadaian Syariah Kantor Cabang Pegadaian Syariah (KCPS) Denpasar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 5(1): 1-11.
Hadjar, I. 1996. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Hajar, I. 1995. Bulughul Maram. Surabaya: Mutiara Ilmu.
Hidayat, A. 2016. Statistikian. Multikolinearitas. Diakses pada 10 Mei 2022, dari https://www.statistikian.com /2016/11/multikolinearitas.html
Idrus, T. A. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah dalam Memilih Produk Rahn di Cabang Pegadaian Syariah Ar Hakim Medan dengan Metode Borda. Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(1): 1-5.
Nugroho, B. A. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Perkasa, D. H., & Putra, W. B. (2021). Metodologi Penelitian.
PT Pegadaian (Persero). 2020. Laporan Tahunan (Annual Report) PT Pegadaian (Persero) Tahun 2020. Jakarta: PT Pegadaian (Persero).
Sekaran, U., & Bougie, R. 2016. Research Methods for Business 7th Edition. United Kingdom: John WIley and Sons Ltd.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulkarnain. (2021). Minat Penggunaan Produk dan Layanan Pegadaian Syariah : Studi Kasus Nasabah di Sidrap Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2):148-154.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Akrual: Jurnal Bisnis dan Akuntansi Kontemporer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.