Pengaruh Audit Internal dan Efektivitas Pengendalian Internal terhadap Pendeteksian Kecurangan (Fraud)

Authors

  • Muhammad Akhtar Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin
  • Kartini Kartini Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin
  • Ratna Ayu Damayanti Departemen Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.26487/akrual.v15i2.21728

Keywords:

Internal Audit, Effectiveness of Internal Control, Fraud Detection

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh audit internal dan efektivitas pengendalian internal terhadap pendeteksian kecurangan (fraud) pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Gowa. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 76 responden dari keseluruhan populasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui metode angket (kuesioner) dengan membagikan sejumlah kuesioner kepada pegawai di kantor PDAM Tirta Jeneberang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa audit internal dan efektivitas pengendalian internal berpengaruh terhadap pendeteksian kecurangan (fraud).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arimia, P. Rahmita & Suryono, B. 2016. Pengaruh Pengendalian Internal Dan audit Internal dalam mendeteksi Kecurangan (Fraud). Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 5(8): 2-14.

Eko, B. 2019. detiknews. (Online), (detiknews.com:https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4376297/korupsi/rp-1-miliar-mantan-dirut-pdam-mojokerto-ditahan diakses 12 November 2020).

Fahreza, B. 2014. Pengaruh Audit Internal dan Efektivitas Pengendalian Intern Terhadap Pencegahan kecurangan. Skripsi. Tegal.

Festi, T., Andreas, & Natariasari, R. 2014. Pengaruh Peran Audit Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan (studi empiris Pada Perbankan di Pekanbaru). JOM FEKON, 1(2): 2-12.

Friska, A. Rezya. 2015. Pengaruh Peran Audit Intern Dan Efektifitas Pelaksanaan Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi (Studi Empiris Pada SKPD Pemerintah Kota Padang Panjang). Skripsi. Padang.

Kartini, 2014. Dimensi Internal Control dan Internal Auditor dalam Akuntabilitas dan Fraud Prevention, Leutikabooks. Yogyakarta.

Karyono. 2013. Forensic Fraud. Yogyakarta: Andi.

Krismiaji. 2010. Sistem iInformasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Kuntadi, C. 2015. Sistem Kendali Kecurangan. Jakarta.

Maliawan, D. B. Ida., Edy, S., & Diatmika, I. Gede. 2017. Pengaruh Audit Internal Dan Efektivitas Pengendalian Interen Terhadap Pencegahan Kecuranagan (Fraud). e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha, 8(2): 2-10.

Mulyadi. 2014. Auditing Edisi 6. Jakarta: Salemba Empat.

Priantara, D. 2013. Fraud Auditing & Investigation. Jakarta: Mitra Wacana.

Rinta, A. Rachmawati. 2020. Pengaruh Audit Internal dan Efektivitas Pengendalian Internal Terhadp Deteksi Kecurangan (Fraud) Pada Kantor PDAM Tegal. Skripsi. Tegal.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tuannakotta, T. 2007. Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Edisi II Salemba Empat. Jakarta.

Widjaja, A. 2012. The Fraud Auditing: Mencegah dan Mendeteksi Kecurangan Akuntansi. Jakarta: Harvarindo.

Widjaja, A. 2013. Corporate Fraud dan Internal Control. Edisi Keempat. Harvarindo. Jakarta.

Wilopo, 2006, Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi: Studi pada Perusahaan Publik dan BUMN di Indonesia. Simposium Nasional Akuntansi 9 Padang: 23-35.

Downloads

Published

2022-06-05

How to Cite

Akhtar, M. ., Kartini, K., & Ayu Damayanti, R. . (2022). Pengaruh Audit Internal dan Efektivitas Pengendalian Internal terhadap Pendeteksian Kecurangan (Fraud). Akrual: Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Kontemporer, 15(2), 132-142. https://doi.org/10.26487/akrual.v15i2.21728

Issue

Section

Articles