Pengaruh Pengendalian Internal, Whistleblowing, dan Independensi terhadap Pencegahan Kecurangan dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Indri Leighton Silambi Universitas Hasanuddin
  • Arifuddin Mannan
  • Darwis Said

DOI:

https://doi.org/10.26487/akrual.v16i2.25565

Keywords:

Pengendalian Internal, Whistleblowing, Independensi, Pencegahan Kecurangan, Kualitas Audit, Auditor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengendalian internal, whistleblowing, dan independensi terhadap pencegahan kecurangan dengan kualitas audit sebagai variabel moderasi di Inspektorat Provinsi Sulawesi Selatan dan Inspektorat Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Sampel yang diperoleh adalah sebanyak 55 orang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dan analisis regresi moderasi (MRA) dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengendalian internal dan independensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pencegahan kecurangan tetapi whistleblowing tidak berpengaruh terhadap pencegahan kecurangan, adapun kualitas audit memoderasi pengaruh pengendalian internal dan independensi terhadap pencegahan kecurangan namun tidak memoderasi pengaruh whistleblowing terhadap pencegahan kecurangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ACFE. 2020. Survei Fraud Indonesia 2019. Jakarta: ACFE Indonesia Chapter.

Anandaya, D., Easter, L., & Ramadhana, K. 2021. Hasil Pemantauan Tren Penindakan Kasus Korupsi Semester I 2021.

Andari, L., & Ismatullah, I. 2019. Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Pencegahan Kecurangan (Studi Kasus pada CV. Agung Mas Motor Kota Sukabumi). Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi: Jurnal Akuntansi,Pajak, dan Manajemen, 8:75-81.

De Angelo, L. 1981. Auditor Sice and Auditor Quality. Journal of Accounting and Economics, 1(3): 183-199.

Darmawati & Mediaty. 2014. Mendeteksi Fraudulent Reporting Financial Statement. Jurnal ASSETS, 4(1): 58-75.

Faiqoh, H. 2019. Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Dan Good Corporate Governance Terhadap Pencegahan Fraud. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sultan Agung.

Ghozali, I. 2015. Aplikasi Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. PP. 218-240.

Irawati, N. S. 2011. Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit Pada Kantor Akuntan Publik Di Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Jurusan Akuntansi, Universitas Hasanuddin.

Langoday, K. S. M. 2021. Pengaruh Whistleblowing System Dan Perilaku Etis Terhadap Pencegahan Fraud. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Studi Akuntansi, Universitas Sanata Dharma.

Locke, E. A., & Latham, G. P. 2013. New Developments In Goal Setting and Task Performance. 2013 Eds. New York: Routledge Taylor & Francis Group.

Mahsitah, I. S. 2020. Pengaruh Skeptisme Profesional, Pengalaman Audit Investigatif, Whistleblowing System, Penegakan Hukum, Dan Toleransi Masyarakat Pada Korupsi Terhadap Kemampuan Auditor Dalam Mendeteksi Fraud. Thesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pascasarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Islam Indonesia.

Miceli, M. P., Regh, M., Near, J. P., Ryan, K. C. 1999. Can Laws Protect Whistle-Blowers ? Work and Occupations, 26(1): 129-151.

Monika, M. 2016. Pengaruh Kualitas Audit Internal dan Asimetri Informasi Terhadap Pendeteksian Kecurangan (Fraud). Jurnal Universitas Komputer Indonesia.

Oktariswan, D. & Yuliyanti, R. 2020. Peran Kualitas Audit Dalam Memoderasi Pengaruh Kompetensi Auditor Dan SIstem Pengendalian Intern Pemerintah Terhadap Pencegahan Fraud Star. Prosiding Seminar Nasional Pakar (pp. 2-9).

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukriah, I. Akram., Inapty, B. A. 2009. Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektivitas, Integritas, dan Kompetensi Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. Makalah disajikan dalam Simposuim Nasional Akuntansi XII, Universitas Sriwijaya Palembang.

Susiani, R & Edison A. 2017. Pengaruh Kualitas Audit Terhadap Efektifitas Pengendalian Internal. Seminar Nasional Akuntansi dan Bisnis (SNAB). Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.

Susilawati & Amawinata, M. R. 2014. Pengaruh Profesionalisme Dan Independensi Auditor Internal Terhadap Kualitas Audit: Studi Pada Inspektorat Provinsi Jawa Barat. Jurnal Etikonomi: 13(2): 191-192.

Vousinas, G. 2019. Advancing Theory of Fraud: The S.C.O.R.E. Model. Journal of Financial Crime, 26(1): 375-378.

Waluyo, A.D. & Suryono, B. 2015. Pengaruh Kualitas Audit, Audit Fee, dan Profil Kantor Akuntan Publik Terhadap Independensi Auditor. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(1): 14

Wijaya, R. E. 2020. Pengaruh Good Corporate Governance, Pengendalian Internal, Dan Whistleblowing System Terhadap Efektifitas Pencegahan Kecurangan (Studi Empiris Pada Bank Perkreditan Rakyat Se-Kabupaten Temanggung). Skripsi Tidak Diterbitkan. Program Studi Akuntansi, Magelang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Wulandari, D. N & Nuryatno, M. 2018. Pengaruh Pengendalian Internal, Kesadaran Anti-Fraud, Integritas, Independensi, Dan Profesionalisme Terhadap Pencegahan Kecurangan. Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana, 4(2): 117-125.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Leighton Silambi, I., Mannan, A., & Said, D. . (2023). Pengaruh Pengendalian Internal, Whistleblowing, dan Independensi terhadap Pencegahan Kecurangan dengan Kualitas Audit sebagai Variabel Moderasi. Akrual: Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Kontemporer, 16(2), 122-132. https://doi.org/10.26487/akrual.v16i2.25565

Issue

Section

Articles