Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, dan Risiko terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Berbasis Quick Response Code Indonesian Standard

Authors

  • Alifah Annisa Hasanuddin University
  • Syarifuddin Syarifuddin
  • Yohanis Rura

DOI:

https://doi.org/10.26487/akrual.v16i2.25714

Keywords:

Persepsi, Keputusan Penggunaan, Quick Response Code Indonesian Standard

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis seberapa besar pengaruh penerapan persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan risiko terhadap penggunaan quick response code Indonesian standard. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 responden yang berada di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Penentuan sampel dilakukan dengan metode purvosive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sampel generasi milenial, persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan uang elektronik berbasis quick response code Indonesian standard. Akan tetapi, persepsi manfaat dan risiko tidak berpengaruh. Sedangkan, dalam sampel merchant, persepsi manfaat, kemudahan penggunaan, dan risiko tidak berpengaruh terhadap keputusan penggunaan uang elektronik berbasis quick response code Indonesian standard dan terdapat perbedaan rata-rata antara kelompok sampel generasi milenial dan merchant.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhinagari, A. H. 2018. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Persepsi Penggunaan Electronic Money. Skripsi Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia.

Bakhits, D. A. 2022. Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko Penggunaan, dan Persepsi Manfaat Penggunaan Terhadap Minat Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Skripsi Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang.

Bank Indonesia. 2014. Jumlah Uang Elektronik yang Beredar. (www.bi.go.id).

Bank Indonesia. 2021. Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik. (www.bi.go.id).

Ningsih, Hutami et.al. 2021 Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik (QRIS) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1): 1-9.

Peraturan Anggota Dewan Gubernur No. 21/18/PADG/2019 tanggal 21 Agustus 2018 tentang Implementasi Standar Nasional Quick Response Code untuk Pembayaran.

Iqbal, Muhammad. 2020. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Platform Crowdfunding Berbasis QR Kode. Skripsi Tidak Diterbitkan. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Priambodo, S., & Prabawani, B. 2016. Pengaruh Perseppsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Menggunakan Layanan Uang Elektronik. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 5(2): 127-135.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Annisa, A., Syarifuddin, S., & Rura, Y. (2023). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan, dan Risiko terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik Berbasis Quick Response Code Indonesian Standard. Akrual: Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Kontemporer, 16(2), 133-144. https://doi.org/10.26487/akrual.v16i2.25714

Issue

Section

Articles