Analisis Potensi dan Kontribusi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Terhadap Pendapatan Asli Daerah

Authors

  • Bonita Septianti Universitas Hasanuddin
  • Andi Kusumawati
  • Yohanis Rura

DOI:

https://doi.org/10.26487/akrual.v16i2.25715

Keywords:

Potensi, Kontribusi, BPHTB, PAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis potensi dan kontribusi Pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan diKabupaten Maros. Data diperoleh dari Badan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Maros. Pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti fakta yang ada secara sistematis berdasarkan objek penelitian, fakta yang ada untuk dikumpulkan dan diolah menjadi data, kemudian dijelaskan dan mengambil kesimpulan data yang diterima dari Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Maros berupa data target dan realisasi pajak BPHTB Kabupaten Maros. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder dan data premier. Hasil analisis menunjukan bahwa penerimaan BPHTB tahun 2017 sampai 2019 mengalami peningkatan tetapi pada tahun 2020 mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan bahwa pajak BPHTB di Kabupaten Maros memiliki potensi dan kontribusi yang cukup baik terhadap pembangunan Kabupaten Maros. Sumber pendapatan asli daerah Kabupaten Maros tidak hanya berasal dari pajak BPHTB tetapi ada juga pajak daerah lainnya seperti retribusi dan lain-lain yang termasuk dalam komponen pendapatan asli daerah (PAD).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari, Denny. 2017. Analisis Efektivitas dan Kontribusi Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Langkat. Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Davey, K.J. 1998. Pembiayaan Pemerintah Daerah. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mahmudi, 2010. Analisis Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mardiasmo. 2016. Perpajakan Edisi Terbaru 2016. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Mirnawati. 2013. Analisis Dampak Peralihan Pengelolaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Maros. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Maros Nomor 01 Tahun 2011 tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanas dan Bangunan (BPHTB) Kabupaten Maros.

Sari, Anggara Yulia. 2010. Analisis Efektifitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Terhadap Pendapatan Daerah di Kota Bambang. Jurnal Wacana Kinerja, 13 (2).

Susanawati, F. 2014. Analisis Potensi Pajak Daerah Sebagai Sumber Pendapatan Asli Daerah Kota Metro. Skripsi tidak diterbitkan.

Thosal, Meigy. 2017. Analisis Efektivitas Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan Berbasis Potensi dan Target di Kota Makassar Tahun 2015-2016. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria.

Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 1997 tentang Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Septianti, B., Kusumawati, A., & Rura, Y. . (2023). Analisis Potensi dan Kontribusi Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan Terhadap Pendapatan Asli Daerah. Akrual: Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Kontemporer, 16(2), 112-121. https://doi.org/10.26487/akrual.v16i2.25715

Issue

Section

Articles