Pengaruh Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, dan Pemahaman tentang Investasi Syariah terhadap Minat Berinvestasi Syariah Melalui Aplikasi Digital
Keywords:
Motivasi Investasi, Literasi Keuangan, Pemahaman Keuangan Syariah, Minat Investasi Syariah, Aplikasi DigitalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara empiris pengaruh motivasi investasi, literasi keuangan, dan pemahaman tentang investasi syariah terhadap minat berinvestasi syariah melalui aplikasi digital. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa dan atau alumni program studi akuntansi Universitas Hasanuddin tahun angkatan 2016–2019 yang telah mengambil mata kuliah Pasar Modal Islam dengan total populasi sebanyak 82 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu dengan melakukan seleksi terhadap sampel menggunakan kriteria tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi investasi dan literasi keuangan berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi syariah melalui aplikasi digital, sedangkan pemahaman tentang investasi syariah tidak berpengaruh terhadap minat berinvestasi syariah melalui aplikasi digital. Adapun secara bersama-sama, variabel motivasi investasi, literasi keuangan, dan pemahaman tentang investasi syariah berpengaruh positif terhadap minat berinvestasi syariah melalui aplikasi digital.
References
Andjarwati, Tri. 2015. Motivasi dari Sudut Pandang Teori Hirarki Kebutuhan Maslow, Teori Dua Faktor Herzberg, Teori X Y Mc Gregor, dan Teori Motivasi Prestasi Mc Clelland. JMM17: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen, 1(1): 45–53.
Ayub, Muhammad. 2007. Understanding Islamic Finance. England: John Wiley & Sons Ltd.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) – Edisi Kelima. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Darmawan, Akhmad, Kesih Kurnia, dan Sri Rejeki. 2019. Pengetahuan Investasi, Motivasi Investasi, Literasi Keuangan dan Lingkungan Keluarga Pengaruhnya terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 8(2): 44–52.
Huda, Nurul dan Mustafa Edwin Nasution. 2014. Investasi Pada Pasar Modal Syariah. Jakarta: PT Kencana Prenadamedia Group.
Ikit, Rizal Alfit Jaya, dan Muhammad Rahman Bayumi. 2019. Bank dan Investasi Syariah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Isnawan, Ganjar. 2012. Jurus Cerdas Investasi Syariah Secara Otodidak. Jakarta Timur: Laskar Aksara.
Latifah, Siti. 2019. Pengaruh Pengetahuan, Modal Minimal dan Motivasi Investasi terhadap Minat Mahasiswa untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Studi Pada Galeri Investasi Syari’ah UMP. Skripsi. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.
Mahyarni. 2013. Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior (Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1): 13–22.
Pajar, Rizki C. 2017. Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi di Pasar Modal pada Mahasiswa FE UNY. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Remund, David L. 2010. Financial Literacy Explicated: The Case for a Clearer Definition in an Increasingly Complex Economy. The Journal of Consumer Affairs, 44(2): 276–294.
Sekaran, Uma. 2009. Research Methods for Business. Terjemahan Oleh Kwan Men Yon. Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Akrual: Jurnal Bisnis dan Akuntansi Kontemporer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.