DAYA CERNA PROTEIN KASAR, LEMAK KASAR DAN SERAT KASAR RANSUM KOMPLIT MENGANDUNG BAHAN UTAMA TUMPI JAGUNG FERMENTASI PADA TERNAK KAMBING KACANG

Authors

  • Ayu Antisa Mahasiswa Program Strata Satu Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin.
  • asmuddin Natsir Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin
  • syahriani syahrir Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/bnmt.v14i2.12548

Abstract

Daya cernaan bahan pakan adalah bagian zat yang dapat dicerna oleh tubuh dan diasumsikan diserap oleh tubuh ternak sehingga tidak diekskresikan dalam feses. Jumlah maupun komposisi kimia serat suatu bahan pakan sangat berpengaruh terhadap kecernaannya. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi daya cerna protein, daya cerna lemak, dan daya cerna serat pakan komplit mengandung tumpi jagung fermentasi pada ternak kambing kacang. Penelitian ini menggunakan Sepuluh ekor ternak kambing kacang secara random dibagi kedalam dua kelompok perlakuan (5 ekor/kelompok). Kelompok (F) diberi pakan komplit mengandung tumpi fermentasi dan pada  kelompok (TF) diberi pakan komplit mengandung tumpi tanpa fermentasi.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua perlakuan tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap daya cerna protein, daya cerna lemak dan daya cerna serat kasar pakan. Kesimpulan Pemberian ransum komplit tumpi jagung fermentasi dan ransum komplit tumpi jagung tanpa fermentasi kecernaan protein dari kedua perlakuan cukup tinggi yaitu berada di angka diatas 70% begitupula dengan kecernaan lemak juga cukup tinggi yaitu rataan diatas 80% dan kecernaan serat rataan diatas 50%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-17

How to Cite

Antisa, A., Natsir, asmuddin and syahrir, syahriani (2021) “DAYA CERNA PROTEIN KASAR, LEMAK KASAR DAN SERAT KASAR RANSUM KOMPLIT MENGANDUNG BAHAN UTAMA TUMPI JAGUNG FERMENTASI PADA TERNAK KAMBING KACANG”, Buletin Nutrisi dan Makanan Ternak, 14(2). doi: 10.20956/bnmt.v14i2.12548.

Issue

Section

Articles