Kandungan NDF Dan ADF Silase Pakan Komplit Yang Berbahan Dasar Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) Dengan Lama Fermentasi Berbeda

Authors

  • Muh. Armin Mahasiswa Program Strata Satu Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin.
  • jamila Mustabi Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin
  • Anie Asriany Fakultas Peternakan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/bnmt.v15i1.14464

Abstract

Eceng gondok adalah tanaman yang mengandung selulosa tinggi dengan populasinya yang begitu melimpah. Kandungan eceng gondok yaitu 60% selulosa, 8% hemiselulosa dan 17% lignin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan NDF dan ADF silase pakan komplit berbahan dasar eceng gondok dengan lama fermentasi berbeda.  Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuandan 4 ulangan. Perlakuan P0 (lama fermentasi 0 hari), P1 (lama fermentasi 10 hari), P2 (lama fermentasi 20 hari) dan P3 (lama fermentasi 30 hari).  Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa lama fermentasi yang berbeda tidak berpengaruh nyata  (P>0,05) terhadap kandungan NDF dan ADF silase pakan komplit. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa Lama fermentasi yang terbaik pada pembuatan silase pakan komplit berbahan dasar eceng gondok adalah 20 hari, dengan memiliki kandungan NDF dan ADF yang terndah dibandingkan dengan perlakuan lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-06

How to Cite

Armin, M., Mustabi, jamila and Asriany, A. . (2021) “Kandungan NDF Dan ADF Silase Pakan Komplit Yang Berbahan Dasar Eceng Gondok (Eichornia Crassipes) Dengan Lama Fermentasi Berbeda”, Buletin Nutrisi dan Makanan Ternak, 15(1). doi: 10.20956/bnmt.v15i1.14464.

Issue

Section

Articles