Analisis Kualitas Jaringan Akses Indihome Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: STO Antang)

Penulis

  • Niswana Universitas Hasanuddin
  • Andani Achmad Universitas Hasanuddin
  • Dewiani Universitas Hasanuddin

Kata Kunci:

Kualitas Jaringan, Indihome, Power Link Budget, Splitter, Splicing, Connector, Adapter

Abstrak

PT.Telekomunikasi Indonesia (Telkom) merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi. PT.Telekomunikasi telah mempunyai beberapa kantor cabang di berbagai wilayah, salah satunya di kota Makassar yang disebut dengan PT.Telkom Makassar di jalan A.P. PettaraniĀ  No.2, kota Makassar, Sulawesi Selatan 90111, Indonesia. Pemenuhan akan kebutuhan teknologi internet dijawab dengan dikembangkannya produk berbasis pemenuhan kebutuhan akan akses internet, salah satu produknya adalah Indihome. Namun, berdasarkan data Telkom Akses mengenai pengguna Indihome untuk wilayah Makassar pada bulan Desember 2021, dari total 129.295 pengguna Indihome sebesar 5929 (4,58%) pengguna yang hanya memberikan review dan rating mengenai kepuasan pelanggan. Sebanyak 4467 (75,34%) yang menyatakan bahwa sering mengalami gangguan. Pada tugas akhir ini akan dilakukan analisis mengenai kualitas jaringan akses STO Antang dengan metode parameter Power Link Budget. Hasil yang diperoleh dari analisis panjang kabel serat optik berpengaruh terhadap power link budget, begitupun terhadap komponen yang digunakan seperti splitter, spiling, connector, dan Adapter yang sangat mempengaruhi Power Link Budget pada sistem komunikasi serat optik karena hasil pengukuran berada pada range level daya terima -25 dBm yang berarti tidak sesuai dengan standar PT Telkom Akses Makassar sehingga perlu dilakukan maintenance.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-26