ANALISIS PERKIRAAN HARGA LAHAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KECAMATAN RUMPIN KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Vini Yuliawati Pendidikan Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154, Indonesia.
  • Iwan Setiawan Pendidikan Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154, Indonesia
  • Lili Somantri Pendidikan Geografi, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No.229, Isola, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40154, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20956/geocelebes.v4i2.10448

Abstract

Pemetaan perkiraan harga lahan di Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor sangat diperlukan, mengingat kenaikan harga lahan sangat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Pemetaan perkiraan harga lahan dipengaruhi oleh faktor tertentu yaitu data penggunaan lahan (sawah, pemukiman), aksesibilitas lahan positif (jalan, pendidikan, pemerintahan), dan aksesibilitas lahan negatif (sungai, industri, kuburan). Oleh karena itu perlunya meneliti harga lahan untuk memudahkan memberikan informasi penting dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis parameter peta perkiraan harga lahan di Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor dan menganalisis peta perkiraan harga lahan di Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah skor dan pembobotan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian berlangsung dalam beberapa tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pemrosesan data dan tahap analisis data. Hasil pemetaan estimasi harga lahan dibagi menjadi 5 kelas harga lahan. Nilai lahan sangat tinggi memiliki luas 9,74 km2, nilai lahan tinggi 5,36 km2, nilai lahan sedang 20,94 km2, nilai lahan rendah 65,08 km2, dan nilai lahan sangat rendah 37,82 km2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fachrozy AP, Agus F, Arifin Z. 2016. Sistem Informasi Geografi Pemetaan Zona Nilai Tanah Kota Samarinda Menggunakan Framework Pmapper. Jurnal Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FPMIPA Unmul Vol. 1 No. 1 Juli 2016, Samarinda, Indonesia.

Pamungkas W. TT. Analisis Harga dan Nilai Lahan di Kecamatan Sewon dengan Menggunakan Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis. Universitas Negeri Yogyakarta.

LP Isnaeni. 2017. Bab III Metode Penelitian. UNPAS

Corbin dan Strauss, dalam Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Hanifati SF. 2016. Analisis Nilai Lahan di Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta Dengan Aplikasi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prasetya NA dan Sunaryo PM. 2013. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Lahan di Kawasan Banjarsari Kelurahan Tembalang Semarang. Jurnal Teknik PWK Vol. 2 No. 2.

Ryanjani GP dan Haryanto R. 2015. Kajian Harga Tanah dan Penggunaan Lahan di Kawasan Perdagangan dan Jasa Kelurahan Lamper Kidul Kota Semarang. Jurnal Teknik PWK Vol. 4 No. 3.

Siswanto E. 2007. Kajian Harga Lahan dan Kondisi Lokasi Lahan Pemrukiman di Kecamatan Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara. Tesis. Universitas Diponegoro.

Wibowo KM, Kanedi I, dan Jumadi J. 2015. Sistem Informasi Geografis Menentukan Lokasi Pertambangan Batu Bara di Provinsi Bengkulu Berbasis Website. Jurnal Media Informasi Vol. 11 No. 1.

Fahirah F, Basong A, dan Tagala H. 2010. Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Nilai Jual Lahan dan Bangunan pada Perumahan Tipe Sederhana. Jurnal SMARTek Vol. 8 No. 4

Downloads

Published

2020-09-24

How to Cite

Yuliawati, V., Setiawan, I., & Somantri, L. (2020). ANALISIS PERKIRAAN HARGA LAHAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DI KECAMATAN RUMPIN KABUPATEN BOGOR. JURNAL GEOCELEBES, 4(2), 118-128. https://doi.org/10.20956/geocelebes.v4i2.10448

Issue

Section

Articles