PENGARUH DINAMIKA OSEANOGRAFI TERHADAP EKOSISTEM MANGROVE DI DESA PAGATAN BESAR

Authors

  • Ira Puspita Dewi Prodi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM, Jl. Jend. A. Yani Km. 36 Simpang Empat, Banjarbaru, Indonesia
  • Nursalam Nursalam Prodi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM, Jl. Jend. A. Yani Km. 36 Simpang Empat, Banjarbaru, Indonesia
  • Dimas Widyanata Prodi Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM, Jl. Jend. A. Yani Km. 36 Simpang Empat, Banjarbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.20956/geocelebes.v5i1.11975

Keywords:

arus, garis pantai, gelombang maksimum , mangrove, oseanografi

Abstract

Ekosistem mangrove di pesisir Desa Pagatan Besar telah berkembang menjadi kawasan ekowisata mangrove yang membentang sepanjang 1 km di Pesisir Barat Desa Pagatan Besar. Desa Pagatan Besar dengan berbagai dinamika biofisiknya mempunyai potensi terjadinya perubahan bentang alam, yang umumnya dipengaruhi oleh gelombang dari Laut Jawa. Penelitian ini secara umum bertujuan (1) menganalisis riwayat gelombang maksimum 21 tahun, (2) menganalisis arus rata-rata selama 4 tahun terakhir, (3) mengamati pengaruh dinamika oseanografi terhadap perubahan garis pantai dan tutupan mangrove. Metode penelitian meliputi penelusuran literatur, pengumpulan data, pengolahan dan analisis data. Data gelombang diperoleh dari peramalan gelombang menggunakan data angin dari situs ECMWF dianalisis dengan plot series dan wave rose. Data arus diolah dengan metode least square pada software WTWC MATLAB untuk mengetahui pola distribusi arus total, pasang surut, dan residu setiap komponen arus. Analisis terhadap perubahan garis pantai dan tutupan mangrove menggunakan tumpang susun citra satelit Landsat tahun 1999, 2009 dan 2019. Hasil penelitian ini adalah (1) gelombang maksimum selama 21 tahun dominan terjadi pada Musim Barat (Desember – Februari) dengan ketinggian rata-rata 1,515 meter. Gelombang maksimum tertinggi terjadi pada tahun 2001 yaitu 2,03 meter, (2) Rata-rata kecepatan arus total pada Musim Barat mencapai 14,91 cm/s, arus pasut sebesar 13,88 cm/s dan arus residu sebesar 6,17 cm/s, dengan pola dominan ke arah timur laut dan tenggara, (3) Terjadi perubahan garis pantai (sedimentasi dan abrasi) serta penurunan luasan mangrove sebesar 4,68 Ha selama periode 1999 – 2009.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, A. 2003. Hutan Mangrove Fungsi dan Manfaatnya. Yogyakarta. Kanisius.

Bengen, G.D. 2004. Pedoman Teknis Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. PKSPL-IPB. Bogor.

[CERC] Coastal Engineering Research Center. 1984. Shore Protection Manual Volume I, Fourth Edition. Washington: U.S. Army Coastal Engineering Research Center.

Dewi, I.P. dan Baharuddin. 2019. Analisis Indeks Kerentanan Pantai Kalimantan Selatan. Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan Tahun 2019. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.

Nursalam., Syahdan, M., Akbar, Z. 2019. Kandungan Biomassa pada Struktur Tegakan Mangrove Jenis Avicennia marina di Desa Pagatan Besar. Makalah Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan VI. Banjarbaru.

[PERKA BNPB] Peraturan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 02 Tahun 2012 Tentang Pedoman Umum Pengkajian Risiko Bencana.

Ponaru., Syahdan, M. dan Nursalam. 2017. Pemantauan Sebaran dan Luasan Vegetasi Mangrove Menggunakan Citra Landsat di Pesisir Kabupaten Tanah Laut. Jurnal MCSIJ. 1(1).

Pratikto, W.A., Armino, H.D. dan Suntoyo. 1997. Perencanaan fasilitas pantai dan laut. Edisi pertama. Bpfe. Yogyakarta. 226 hlm.

Primatianti, M. 2002. Kajian Partisifasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove (Studi Kasus di Kecamatan Kintap dan Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan). Tesis. IPB. Bogor.

Setiawan, M.A.N. 2017. Analisis Vegetasi Mangrove dan Hubungannya dengan Parameter Lingkungan di Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut. Jurnal MCSIJ. 1(1).

Thurmann, H.V. 2007. Introductory Oceanography. Bell and Howell Company Columbus Ohio.

Downloads

Published

2021-04-29

How to Cite

Dewi, I. P., Nursalam, N., & Widyanata, D. (2021). PENGARUH DINAMIKA OSEANOGRAFI TERHADAP EKOSISTEM MANGROVE DI DESA PAGATAN BESAR. JURNAL GEOCELEBES, 5(1), 35-45. https://doi.org/10.20956/geocelebes.v5i1.11975

Issue

Section

Articles