Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Sadari Sebagai Deteksi Dini Kanker Payudara pada Mahasiswi FKM Unhas

Authors

  • Sarina Sarina
  • Ridwan M. Thaha
  • Sudirman Nasir

DOI:

https://doi.org/10.30597/hjph.v1i1.9513

Keywords:

Mahasiwi, SADARI, keterpaparan informasi

Abstract

Kanker payudara merupakan jenis tumor ganas yang hingga kini masih menjadi pembunuh nomor satu dan prosesnya memakan waktu yang lama, sehingga apabila diketahui lebih dini maka dapat menekan angka kejadian kanker payudara. Salah satu pencegahan kanker payudara adalah dengan melakukan deteksi dini kanker payudara (SADARI) setiap bulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan perilaku SADARI sebagai deteksi dini kanker payudara pada mahasiswi fakultas kesehatan masyarakat Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah angkatan 2016 & 2017 yang berjumlah 452 mahasiswi. Besar sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Stanley Lameshow berjumlah 75 mahasiswi. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada responden, kemudian diolah dengan menggunakan analisis uji chi-square.  Tingkat pengetahuan responden diperoleh nilai p=0,000, tingkat sikap dengan nilai p=0,000, tingkat dukungan keluarga p=0,001 dan tingkat keterpaparan informasi dengan nilai p=0,043 merupakan faktor yang berhubungan dengan perilaku SADARI pada mahasiswi. Diharapkan bagi mahasiswi untuk memperbanyak sumber informasi SADARI dan adanya suatu kegiatan yang menambah wawasan serta ketertarikan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin untuk lebih mengetahui pencegahan penyakit kanker payudara melalui deteksi dini dengan SADARI.

References

GLOBOCAN. GLOBOAN Estimated Cancer Incidence, Mortality and Prevalence Worldwide in 2012. Perancis: GLOBOCAN; 2012.

Septiani, S., dan Mahyar, S. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) Pada Siswa SMAN 62 Jakarta 2012. [Skripsi] Jakarta: STIkes MH.Thamrin; 2012.

Humphrey L.L., Helfand M, Chan BK, Woolf SH. Breast cancer screening: A Summary of the Evidence for the U.S. United States; 2006.

Dinkes Provinsi Sulawesi Selatan. Laporan Kasus Penyakit Tidak Menular Tahun 2014. Makassar: Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan Bidang Pemberantasan Penyakit Tidak Menular; 2014.

Mardiana. Gambaran Perilaku Siswi Dalam Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) di SMA Plus Safiyyatul Amaliyyah Medan Tahun 2012. Jurnal Kesehatan. 2012;1(1):1-9.

Margarth and Epelman. Cancer in Adolescents and Young Adults in Countries with Limited Resources. NCBI; 2018.

Afina T. Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri Mahasiswi FKM Universitas Hasanuddin dalam Prespektif Sosial Budaya. [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2016.

Herinta D.M. Hubungan Pengetahuan, sikap dan kepercayaan dengan praktik pemeriksaan payudara sendiri sebagai deteksi dini kanker payudara pada mahasiswi STIK Tamalate Makassar 2017. [Skripsi]. Makassar: STIK Tamalate Makassar; 2017.

Fidler M. Gupta S, Isabelle S., Ferlay J., Eva S.V., Feddie Bray. Cancer Incidence and Mortality among young Adults Aged 20–39 Years Worldwide in 2012. a Population-Based Study; 2012.

Asmar, M. E., Bechanakl A, Faresl J, Dana A.O. Knowledge, Attitudes and Practices Regarding Breast Cancer amongst Lebanese Females in Beirut 2018. NCBI; 2018.

Setiawan, Prasiti S., Sarimun. Kaitan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Motivasi dengan Perilaku SADARI Mahasiswi Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang; 2017.

Desanti, O.I., Sunarsih,I. M., Supriyati. Persepsi Wanita Berisiko Kanker Payudara Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri Di Kota Semarang, Jawa Tengah. Berita Kedokteran Masyarakat. 2010;26(2):152-161.

Sari, T. M. Faktor-faktor Yang Berhubungan dengan Perilaku Deteksi Dini Kanker Payudara Pada Pasangan Usia Subur Di Desa Dawung Kebakkaramat. [Skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammaditah Surakarta; 2013.

Deniar, O.R. Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Pencegahan Kanker Payudara terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap pada Wanita Usia Produktif di Desa Sumur Musuk Boyolali; 2013.

Novasari, D.H., Djoko Nugroho, Sri Winarni. Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Paparan Media Informasi dengan Praktik Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) pada Santriwati Pondok Pesantren Al Ishlah Tembalang Semarang Tahun 2016. Electronic Journal. 2016;4(4):2356-3346.

Downloads

Published

2020-02-25

Issue

Section

Articles