Online Submission Guidelines

Pedoman penulisan jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Unhas (IKON) sebagai berikut:

Abstract [Times New Roman 10 Cetak Tebal dan Miring]

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu paragraf, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 10pt, spasi 1, dan cetak miring).

Keywords:  Maksimum 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda titik koma. [Font Times New Roman 10pt. spasi 1, dan cetak miring]

 Abstrak [Times New Roman 10 Cetak Tebal dan Miring]

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metode/pendekatan dan hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam satu paragraf, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 10, spasi 1, dan cetak miring).

Katakunci:  Maksimum 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda titik koma. [Font Times New Roman 10pt. spasi 1, dan cetak miring]

PENDAHULUAN [Times New Roman 12 bold]

Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. [Times New Roman 11pt, normal. Spasi 1.15 lines. Tidak ada spasi sebelum paragraf. Sapsi 10pt setelah paragraf].

KAJIAN LITERATUR DAN PEGEMBANGAN HIPOTESIS (JIKA ADA)

Bagian ini berisi kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. Kajian literatur tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-bukti empiris. Hipotesis peneltiian (jika ada) harus dibangun dari konsep teori dan didukung oleh kajian empiris (penelitian sebelumnya). [Times New Roman 11pt, normal. Spasi 1.15 lines. Tidak ada spasi sebelum paragraf. Spasi 10pt setelah paragraf].

METODE

Metode menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis. [Times New Roman 11pt, normal. Spasi 1.15 lines. Tidak ada spasi sebelum paragraf. Spasi 10pt setelah paragraf].

HASIL

Bagian ini menyajikan hasil penelitian dan atau analisis Hasil dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. [Times New Roman 11pt, normal. Spasi 1.15 lines. Tidak ada spasi sebelum paragraf. Spasi 10pt setelah paragraf].

PEMBAHASAN

Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. [Times New Roman 11pt, normal. Spasi 1.15 lines. Tidak ada spasi sebelum paragraf. Spasi 10pt setelah paragraf].

KESIMPULAN

Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. [Times New Roman 11pt, normal. Spasi 1.15 lines. Tidak ada spasi sebelum paragraf. Spasi 10pt setelah paragraf].

REFERENSI

Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. [Times New Roman 11pt, normal. Spasi 1.15 lines. Tidak ada spasi sebelum paragraf. Spasi 10pt setelah paragraf].