ANALISIS REBRANDING UNTUK MEMBENTUK FAVORABLE BRAND IMAGE PADA RADIO PLAY 99ers

Authors

  • Deru R Indika Faculty of Economics and Business, Universitas Padjadjaran
  • Windy Utami Dewi Faculty of Economics and Business, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.26487/jbmi.v15i2.4177

Abstract

Penelitian ini membahas hasil analisis pelaksanaan rebranding pada “Play 99ers” Radio Bandung. Tujuan penelitian untuk mengetahui mengenai pelaksanaan rebranding dan keputusan perusahaan untuk melakukan rebranding  termasuk keputusan yang tepat atau tidak. Faktor pendorong perusahaan melakukan rebranding adalah karena pergantian kepemilikan, pelaksanaan rebranding yang dilakukan oleh perusahaan adalah mengubah positioning, nama, desain logo, dan cara komunikasi. Dimensi pengukuran analisis rebranding yang digunakan dalam penelitian ini yaitu brand repositioning, brand renaming, brand redesigning dan brand relaunching.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, observasi, dan kuesioner. Sampel diambil dari 100 orang responden yang pernah mendengarkan “Play 99ers” Radio Bandung yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan rebranding yang dilakukan merupakan keputusan yang tepat karena mendapat tanggapan baik dari masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi Ardiananda. (2015). 99ERS Radio 100 FM Bandung Membentuk Generasi Muda Berkualitas. [Online].Tersedia:http://citizen6.liputan6.com/read/2280997/99ers-radio-100-fm-bandung-membentuk-generasi-muda-berkualitas. [diakses tgl 8 Maret 2017, 21:15 WIB

Alex Santosa. (2012). Masikah Radio Berjaya (Konsumsi Media di Indonesia 2012). [Online].Tersedia:http://radioclinic.com/2012/10/17/masihkah-radio-berjaya-konsumsi-media-di-Indonesia-2012. [diakses tgl 8 Maret 2017, 21:20 WIB]

Fandy Tjiptono. 2005. Brand Management & Strategy. Yogyakarta: Andi

Keller, Kevin Lane. 2013. Strategic Brand Management Building Measuring and Managing Brand Equity 4th edition. USA: Pearson Education.

Kotler, Philip, & Keller, Kevin Lane. 2012. Markeing Management, Edisi 14, Global edition. Pearson: Prentice hall.

Muzellec, Laurent. and Lambkin, Mary. 2006. Corporate Rebranding: Destroying, Transferring, or Creating Brand Equity?. Dublin: Emerald Insight.

Nielsen. (2016). Radio Masih Memiliki Tempad di Hati Pendengarnya. [Online]. Tersedia: http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2016/RADIO-MASIH-MEMILIKI-TEMPAT-DI-HATI-PENDENGARNYA.html. [diakses tgl 8 Maret 2017, 21:07 WIB]

Simaya. (2011). Ninetyniners 100 FM. [Online]. Tersedia:http://radio.simaya.net.id/streaming/ninetyniners-fm. [diakses tgl 8 Maret 2017, 21:30 WIB]

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Teh, Goi Mei. 2009. Rebranding and Impact Toward Brand Equity. Kuala Lumpur: Kuala Lumpur Infrastructure University College.

Published

2018-11-21

How to Cite

Indika, D. R., & Dewi, W. U. (2018). ANALISIS REBRANDING UNTUK MEMBENTUK FAVORABLE BRAND IMAGE PADA RADIO PLAY 99ers. JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Informatika), 15(2), 121-135. https://doi.org/10.26487/jbmi.v15i2.4177

Issue

Section

Articles