PENGUATAN LITERASI KEAGAMAAN BAGI SISWA MI AL AZIZIYAH BANGSAL MOJOKERTO

Authors

  • Faiqotul Isma Dwi Utami Institut Agama islam Uluwiyah Mojokerto
  • Nining Khurrotul Aini Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • Rohmatin Nur Khumairoh Institut Agama islam Uluwiyah Mojokerto
  • Siti Muslikhah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • Putri Dwi Nur Jannah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • Muhammad Nur Nabighoh Institut Agama islam Uluwiyah Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.20956/jdp.v9i2.26050

Keywords:

Students, Education, Literacy, Reading house

Abstract

Pengabdian pada masyarakat dalam pemanfaatan literasi keagamaan melalui rumah baca telah dilaksanakan di MI Al – Aziziyah Dusun Jumput Desa Mejoyo. Tujuan pengabdian adalah meningkatkan minat dan kemampuan membaca pada peserta didik. Metode pengabdian ini menggunakan pedekatan PAR (Participatory Action Research), yaitu sebuah pendekatan dalam pengabdian kepada peserta didik MI Al – Aziziyah dengan melihat serta memecahkan masalah sehingga memperoleh pengalaman dan pengetahuan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah menggunakan wawancara dan dokumentasi. Tujuan pengabdian adalah peningkatan minat dan kemampuan membaca peserta didik dengan kegiatan literasi. Dengan demikian, rumah baca juga berfungsi serta berperan sebagai wadah belajar lain bagi peserta didik maupun orang tua peserta didik terutama ibu rumah tangga dalam mendidik anaknya. Subjek dari pengabdian ini adalah anak-anak MI Al Aziziyah usia 7-12 tahun yang merupakan usia emas anak dalam memahami konsep pengetahuan. Hasil dari seluruh kegiatan yang dilakukan menunjukkan bahwa Rumah Baca ini meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, karena banyaknya jenis-jenis bacaan secara fisik serta pusat belajar peserta didik yang tidak terbatas dan dapat diakses oleh siapa saja. Dengan demikian Rumah Baca sangat berperan untuk wawasan dari semua kalangan. Artinya semakin baik kegiatan literasi sekolahnya maka akan semakin positif peningkatan rumah baca peserta didik.

Kata kunci: Siswa, pendidikan, literasi, rumah baca.

ABSTRACT

A devotion in the use of religious literacy through a reading house has been conducted in MI Al - Aziziyah Jumput Hamlet, Mejoyo Village. The purpose of devotion is to increase interest and ability to read in students. This method of service uses the proximity of PAR (Participatory Action Research), which is an approach in service to MI Al - Aziziyah students by seeing and solving problems so as to gain experience and knowledge. The method used for data collection is to use interviews and documentation. The purpose of service is to increase the interest and reading ability of students with literacy activities. Thus, the reading house also functions and acts as another learning forum for students and parents of students, especially housewives in educating their children. The subject of this devotion is the children of MI Al Aziziyah aged 7-12 years which is the golden age of children in understanding the concept of knowledge. The results of all the activities carried out show that this Reading House improves the ability of students to read, because of the many types of physical reading as well as the student learning center that is unlimited and accessible to anyone. Thus, the Reading House plays a very important role for insights from all walks of life. This means that the better the school literacy activities, the more positive the increase in student reading houses.

Keywords: Students, education, literacy, reading house.

References

Farihatin. (2013). Kegiatan Membaca Buku Cerita Dalam Pengembangan Kemampuan Literasi Dasar Anak Usia Dini. 1-7.

Hidayah, M., Majid, M. N., & Andriani, E. D. (2022). Model Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar Persepektif Teori Belajar Humanistik. Attanwir : Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 173-184.

Mustangin. (2018). Peningkatan Minat Baca Dan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak di Rumah Baca Bandung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 133-141.

Santi. (2019). Pemanfaatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dalam Meningkatkan Minat Baca Remaja. Jurnal Comm – Edu, 220-226.

Sofanudin, A. (2020). Literasi Keagamaan dan Karakteristik Peserta Didik. Yogyakarta: DIVA Press.

Triawan, A. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Taman Baca Masyarakat Multi Ilmu Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tengon Lampung Barat. Lampung: Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung .

Utami, F. I., & Putri, D. F. (2022). Pengaruh Budaya Organisasi dan Empowerment Terhadap Komitmen Organisasi. Arsy : Jurnal Studi Islam, 115-124

Downloads

Published

2024-05-26