Implementasi Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) di Kawasan Wisata Alam Gunung Dago Kabupaten Bogor (Studi Kasus di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Cendana Desa Dago)

Authors

  • Muhtadi Muhtadi UIN Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24259/jhm.v13i2.18758

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Program PHBM yang dibuat oleh pemerintah dan kesesuaiannya di lapangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ada metode kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua metode analisis yaitu dengan analisis deskriptif dan analisis SWOT. Data yang didapatkan untuk di analisis merupakan hasil observasi, wawancara dengan anggota LMDH, karyawan wisata dan wisatawan yang ada di Wisata Alam Gunung Dago. Hasil penelitian diketahui bahwa Program PHBM yang dilakukan oleh LMDH Wana Cendana kemudian dianalisis menggunakan elemen-elemen menurut David C. Korten yakni : (1) adanya program yang disusun dengan matang, (2) pelaksanaan program memahami tugasnya dengan baik, dan (3) program sesuai dengan kebutuhan sasaran program. Dalam melihat pengembangan wisata peneliti melihatnya dalam sebuah strategi dengan menggunakan analisis SWOT dan dilanjutkan dengan Uji Test Litmus. Sehigga total skor uji test litmus menyatakan isu-isu tersebut sangat strategis dan perlu dilakukan untuk pengembangan dan kemajuan Wisata Alam Gunung Dago. Kemudian peneliti merumuskannya pada empat hal yaitu : strategi peningkatan kerjasama dan kemampuan sdm, strategi peningkatan peran serta masyarakat, strategi pemantapan kelembagaan pariwisata dan strategi promosi yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-04

How to Cite

Muhtadi, M. (2022). Implementasi Program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM) di Kawasan Wisata Alam Gunung Dago Kabupaten Bogor (Studi Kasus di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Cendana Desa Dago). Jurnal Hutan Dan Masyarakat, 13(2), 135-146. https://doi.org/10.24259/jhm.v13i2.18758

Issue

Section

Articles