PENGARUH PENGALAMAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI MAKASSAR

Authors

  • Uleng Utari
  • Fridawaty Rivai
  • Nurshanty S Andi

Abstract

Pengukuran kualitas pelayanan menggunakan indikator pengalaman pasien masih jarang di lakukan di
Indonesia.Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Pengalaman Pasien terhadap Loyalitas Pasien di
RSUD Haji Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Rancangan yang digunakan adalah
studi observasional dengan desain cross sectional study. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
menggunakan kuesioner. Responden penelitian adalah pasien di instalasi rawat inap RSUD Haji Makassar
dengan jumlah sampel sebanyak 152 orang. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana untuk melihat
pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan menggunakan uji regresi linear berganda untuk
melihat variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa ada pengaruh signifikan antara pengalaman pasien terhadap loyalitas pasien pada instalasi rawat inap
RSUD Haji Makassar dengan (p value (0.001) < 0.05). Nilai p value bertuut-turut untuk dimensi komunikasi
perawat, dimensi komunikasi dokter, dimensi responsif, dimensi kenyamanan fisik, dimensi kontrol terhadap
nyeri, dimensi komunikasi tentang obat dan dimensi informasi kepulangan yaitu 0,014; 0,011; 0,003; 0,147;
0,098; 0,001; dan 0,001. Dari hasil nilai Coeffisien Beta ternyata dimensi komunikasi tentang obat yang
mempunyai nilai paling besar, yaitu 0,158. Disimpulkan bahwa bahwa pengalaman pasien berpengaruh terhadap
loyalitas pasien dan dimensi pengalaman pasien yang berpengaruh terhadap loyalitas pasien yaitu dimensi
komunikasi perawat, komunikasi dokter, responsif, komunikasi tentang obat dan informasi kepulangan, dan
yang berpengaruh paling besar yaitu dimensi komunikasi tentang obat.

Downloads

Published

2019-12-17

Issue

Section

Articles