Main Article Content

Abstract

Salah satu tri dharma yang diemban perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat yang bentuk kegiatannya berupa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan Kuliah Kerja Nyata adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman empiris kepada mahasiswa untuk hidup ditengah-tengah masyarakat di luar kampus, dan secara langsung megajarkan kepada mahasiswa cara identifikasi masalah-masalah sosial yang terjadi di masyarakat. KKN dilakasanakan di Kabupaten Maros, Kecematan Bontoa, Desa Bonto Bahari, dengan waktu pelaksaan Selama 2 bulan. Desa Bonto Bahari memiliki potensi wisata desa yaitu Dermaga Bonto Bahari. Rencana program kerja yang dilakukan dalam meningkatkan potensi desa wisata di desa Bonto Bahari diantaranya adalah Pembuatan Tugu Pembatas Desa dan Pembuatan Papan Wicara di Dermaga Bonto Bahari, pelaksanaan program kerja dilakukan dengan beberapa tahan yaitu observasi, persiapan dan pelaksanaan program kerja dengan membagi waktu pelaksanaannya. Hasil dari program kerja yang terlaksana yaitu terbangunnya tugu batas desa dengan kokoh berkat adanya kerja sama tim yang baik dan adanya papan wicara di dermaga Desa Bonto Bahari sebagai sumber informasi bagi pengunjung yang datang ke Dermaga Bonto Bahari serta selesainya papan wicara yang dibuat dan berdiri kokoh di dermaga Desa Bonto Bahari.

Keywords

Wisata Desa Bonto Bahari Tugu Papan Wicara

Article Details

How to Cite
Saharuddin, Muh Faqram Dwi Fachreza, Muh Haerul Tasri, Syafranaufal Fadhil Dwi Putra, A. Pertiwi Puji Lestari, Adnin Khairunnisa, Alfridha, Alifia Maulidya Putri, Anugrah Citra Harisma, Nur Fitrian Ekawati L., Putri Gita Cahyani, & Umi Kalsum. (2022). Pengenalan Desa Wisata Bonto Bahari Guna Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Melalui Program Desa Inovatif. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 3(2), 38 - 47. https://doi.org/10.20956/jpmh.v3i2.22764

References

  1. Aliyyah, Rusi Rusmiati et al. 2021. “Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan.” JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 5(2): 663–76.
  2. Aulia, Suha Rizki. 2022. “MEMPERKENALKAN SENI BUDAYA DAN PRIBAHASA INDONESIA KEPADA ANAK.” 2.
  3. Irmal, Irmal et al. 2020. “Penyuluhan Wirausaha Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Daur Ulang Barang Bekas Desa Mekarsari Kabupaten Bogor.” BAKTIMAS : Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2(2): 90–94.
  4. Perdana, Amelia, Holilulloh, and Yunisca Nurmalisa. 2013. “PENGARUH PELAKSANAAN KULIAH KERJA NYATA (KKN) TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PPKN UNIVERSITA LAMPUNG TAHUN 2013.” Jurnal Kultur Demokrasi 2(3): 1–14.
  5. Zakariya, M. et al. 2021. “PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT ( PKM ) SUKSES DI ERA DIGITAL DENGAN PERSONAL BRANDING.” Jurnal Padma Pengabdian Dharma Masyarakat 1(1): 61–64.