Main Article Content

Abstract

Kuliah Kerja Nyata atau yang disingkat dengan KKN merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dikaitkan dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, pengajaran dan penelitian yang disatukan dalam sebuah kegiatan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada gelombang 110 periode 05 Juli 2023 – 20 Agustus 2023 mengusung berbagai macam tema yang sangat bermanfaat bagi beberapa wilayah. Salah satunya yaitu KKN Tematik Indeks Pembangunan Manusia yang dilaksanakan di Kabupaten Takalar. Kabupaten Takalar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Takalar memiliki 9 kecamatan dan 100 Desa/Kelurahan salah satunya adalah Desa Patani. Saat ini, Desa Patani diketahui memiliki beberapa masalah yang dihadapi oleh masyarakat salah satu diantaranya yaitu stunting. Adapun penyebab terjadinya stunting di Desa Patani yaitu kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dan lingkungan mengenai perilaku pola hidup bersih dan sehat. Terdapat beberapa upaya yang telah dilakukan dalam pencegahan masalah stunting, salah satunya adalah Pemberian Makanan Tambahan (PMT). Pemberian Makanan Tambahan (PMT) merupakan bentuk kegiatan pemberian makanan kepada balita dengan tujuan untuk mengatasi masalah gizi yang terjadi pada masyarakat. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang sehat akan diberikan melalui pengolahan ikan tongkol menjadi nugget. Tujuan dari kegiatan “Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berupa Olahan Ikan Menjadi Nugget Sebagai Upaya Penurunan Angka Stunting di Desa Patani” yaitu sebagai alternatif menu pemberian makanan tambahan (PMT) pada balita dalam mencegah stunting.

Keywords

KKN Stunting Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Nugget Ikan

Article Details

How to Cite
Amir, N., Ramadhan, R. M., Azzahra, A. S., SUNDARI, I., Paembonan, J., Zaahirah, N. F., Bissawab, M. N., Senawi, K. P., Embutatoba, S. N. P., & Febrianti, N. R. (2023). PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) BERUPA OLAHAN IKAN MENJADI NUGGET SEBAGAI UPAYA PENURUNAN ANGKA STUNTING DI DESA PATANI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 4(2), 103 - 110. https://doi.org/10.20956/jpmh.v4i2.31451

References

  1. Nurfianti, A. Transparansi Pengelolaan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Covid-19 di Desa Patani Kabupaten Takalar. [Skripsi]. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Makassar; 2021.
  2. Suhanda, J., Puspitasari, F., Adawyah, R., Redha, E., Adriani, M., & Nursalam, N. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Yang Sehat Dari Bahan Ikan Nila Dengan Tambahan Labu Kuning Pada Kelompok “Posyandu Persada” Kelurahan Sungai Besar Kota Banjarbaru. Aquana: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2022;3(1):24-31.
  3. Syardiansah, S. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa: Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam). 2019;7(1):57- 68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915.
  4. Wardana, L. A., Sabrina, D., Mahendra, I. B. Y., Ningsih, J., Arifin, J., Hamdu, M. S., et al. Nugget Ikan Tongkol Sebagai Makanan Pendukung dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Padamara. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 2022;5(3):136-9. 10.29303/jpmpi.v4i3.2017