Main Article Content

Abstract

Kegiatan KKN Tematik Desa Membangun adalah kegiatan KKN yang mengintegrasikan kegiatan Kuliah Kerja Nyata oleh mahasiswa dengan penyelenggaraan pemerintahan desa. Program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN sinkron dengan program yang sudah direncanakan oleh pemerintah desa. Manfaat dari kegiatan KKN Tematik adalah terselenggaranya program pemerintah desa yang sudah direncanakan dalam RPJMDes dan yang ada di RKPDes. Program kerja berupa pendampingan, penyuluhan, sosialisasi, pendataan, penyelenggaraan. Salahsatu program kerja yang dilaksanakan adalah sosialisasi pembentukan kelompok tani perempuan. Tujuan utama dari program ini adalah Memberikan pengetahuan kepada ibu-ibu akan pentingnya kesetaraan gender dan meningkatkan pendapatan desa. Kata Kunci : KKN Tematik Desa Membangun, Integrasi, Pembangunan Desa.

Article Details

Author Biographies

Awaluddin, Universitas Hasanuddin

Fakultas Kesehatan Masyarakat

Zulkifli Djafar, Universitas Hasanuddin

Fakultas Teknik
How to Cite
Sadapotto, A., Awaluddin, A., & Djafar, Z. (2020). Sosialisasi Pembentukan Kelompok Tani Perempuan; Bentuk Integrasi KKN Dengan Pembangunan Desa Di Kecamatan Rumbia Kabupaten Jeneponto. Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 1(1), 10-14. https://doi.org/10.20956/jpmh.v1i1.9580

References

  1. Anonim. UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
  2. Eger, C., Miller, G., & Scarles, C. (2018). Gender and capacity building: A multi-layered study of empowerment. World Development, 106, 207–219.
  3. Hadi, AR., Effendi, I,Hasanuddin, T. 2013. Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Partisipasi Masyarakat pada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) di Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tenggamus. Jurnal Ilmu Ilmu Agribisnis Vo.1 No.1.
  4. Kurniawati, D. P., Supriyono, B., & Hanafi, I. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Usaha Ekonomi (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto). Jurnal Administrasi Publik, I(4), 9–14.
  5. Solano Lara, C., Fernández Crispín, A., & López Téllez, M. C. (2018). Participatory rural appraisal as an educational tool to empower sustainable community processes. Journal of Cleaner Production, 172, 4254–4262.