PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA COMPUTER ASSISTED LANGUAGE LEARNING (CALL) BAHASA ARAB SISWA SMAN 1 LABAKKANG KABUPATEN PANGKEP
Abstract
ANHAR BATARA SYAWAL, “Pengaruh Penggunaan Media Computer Assisted Language Learning (CALL) Bahasa Arab Siswa SMAN 1 Labakkang Kabupaten Pangkep” dibimbing oleh Yusring Sanusi Baso dan Haeruddin. Skripsi ini membahas masalah belum adanya penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer di SMAN 1 Labakkang pada pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer pada pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur apakah penggunaan media pembelajaran berbantuan komputer mempunyai pengaruh dalam belajar bahasa Arab pada siswa SMAN 1 Labakkang, maka penulis melakukan penelitian dengan cara turun langsung mengamati proses belajar siswa dengan bertindak sebagai pengajar. Dalam melakukan penelitian ini, penulis mengawalinya dengan menentukan kelas yang akan menjadi kelas kontrol (control class) dan kelas eksperimen (experimental class), dan terpilihlah dua kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen. Kelas XI IPA tidak akan diberi perlakuan dalam pengajaran, sedangkan kelas XI IPS 1 akan diberi perlakuan dalam pengajaran berupa penggunaan media komputer, setelah itu penulis akan membandingkan antara ke dua kelas tersebut dan melihat hasilnya dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, ternyata kelas XI IPS1 mengalami peningkatan penguasaan bahasa Arab yang lebih dibandingkan kelas XI IPA1 yang sebagian besar siswanya juga mengalami peningkatan, tetapi tidak setinggi kelas XI IPS1. Hal ini menunjukkan bahwa keberadaan media pembelajaran berbantuan komputer yang digunakan dalam proses pengajaran bahasa Arab memberikan pengaruh yang signifikan (lebih efektif) dalam membantu siswa SMAN 1 Labakkang dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab.
References
Agussalim, Andi. 2009. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kemampuan Penggunaan Damir pada Siswa SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar”. Skripsi Sarjana. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Achsin, Amir. 1986. Media Pendidikan. Ujung Pandang: Penerbit IKIP. Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. , 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Baso, Yusring, Sanusi. 2004. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Makassar: Nady Al-Adab
. . 2006. Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis WEB Dan CD. Makassar: Nady Al-Adab
. . 2007. “Computer Assisted Language Learning (CALL), Program Pembelajaran Mutimedia Interaktif Bahasa Arab”. Makalah. Bandung: Ikatan Pengajar Bahasa Arab Indonesia
. . 2008. Cara Mudah!! Membuat Latihan Interaktif Bahasa. Malang: Misykat.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Gagne, R. M., Briggs, L.J. 1992. Principles of Instructional Design (4th ed). New York:
Reihhart and Winston. al-Ghalayini, Musthafa. 2005. Jami ad-Durus al-Arabiyah, Dar al-Hadits – al- Qahirah.
Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098
Haeruddin, dan Faridah Rahman. 2011. “Penerapan Computer Assisted Learning (CAL) Dalam Pembelajaran Fonologi Bahasa Arab”. Makassar: Universitas Hasanuddin. Hamalik, Oemar.1989. Media Pembelajaran. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Hamid, Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press 69
Heinich.R, dkk. 1996. Instructional Media and Technology for Learning. New Jarsey: Prentice Hall, Inc. Hermawan,
Acep. 2011. Metodogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Kazzuya. 2010. Prosedur Penelitian. http://kazzuya.wordpress.com/2010/03/09/ prosedur-penelitian/ (29 Maret 2013)
Khalilullah, M. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Pressindo. Kountur, Ronny. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Buana Printing. Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analalisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.
Mirawati. 2008. “Pengaruh CAL (Computer Assisted Learning) dan Sikap Berbahasa Arab Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Jurusan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin”. Skripsi Sarjana. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Rulam. 2009. Pengertian Pembelajaran Berbantuan Komputer. http://www. infodiknas.com/pengertian-pembelajaran-berbantuan-komputer-computer- %E2%80%93-aided-asisted-instructions/ (22 Maret 2013)
Said, Irham. 2007. “Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Siswa MAN Kota Makassar”. Skripsi Sarjana. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Seels, B & Glasgow. 1994. Instructional Technology: The Definition and Domains of the Field. Washington DC: Association for Educational Communication and Technology.
Suardika. 2010. Instrumen Penelitian. http://aritmaxx.wordpress.com/2010/06/30/ instrimen-penelitian/ (29 Maret 2013)
Sudjana dan Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru Algesindo. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wardhani, Igak. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka Yunus, Mahmud Prof. 1942. Al-Tarbiyyah wa al-Ta‟lim. Padang Panjang: Matba‟ah 70
YS Baso. 2008. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Nady Al-Adab Vol 5 YS Baso. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles inthis journal are under copyright of journal Sarjana and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management