This is an outdated version published on 2022-11-06. Read the most recent version.

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA SANTRI PONOOK PESANTREN AL-IKHLAS UJUNG-BONE MELALUI PENDEKATAN A.L-MUFRADAT

Authors

  • Asnani Resky Fauzi

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peningkatan Kemampuan Berbahasa Santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Melalui Pendekatan Hifz al-Mufradāt”. Masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung melalui pendekatan Hifz al-Mufradāt. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan Hifz al-Mufradāt pada pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung. Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Dalam Kelas (PTK). Dalam penelitian ini, penulis mengolah data dari hasil observasi dan kuesioner dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu dampak dari penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung sangat berpengaruh dan mampu meningkatkan kemampuan berbahasa santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Nilai persentase tertinggi sebelum penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt di kelas eksperimen adalah 60 %, sedangkan di kelas kontrol nilai tertinggi adalah 89 %. Setelah penerapan pendekatan Hifz al-Mufradāt di kelas eksperimen, nilai persentase jawaban benar meningkat menjadi 100 %, sedangkan di kelas kontrol nilai persentase tertinggi masih 89 %. Hal inilah yang membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan berbahasa Arab pada santri kelas VIII D (Kelas Eksperimen) setelah penggunaan pendekatan Hifz al-Mufradāt dalam pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone.

References

A Agussalim. 2009. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kemampuan Penggunaan Damir Pada Siswa SD Islam Terpadu wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Universitas Hasanuddin

Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.

Baso, Y. S. (2008). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48-54. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3866

Baso, Y. S. (2009). Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran Bahasa. Malang, Penerbit Myskat.

Baso, Y. S. (2013). Program Multimedia Bahasa Arab. Padang: Prosiding PINBA IMLA.

Bisri, Adib dan Munawwir A. Fatah.Kamus Al-Bisri Indonesia-Arab dan Arab- Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Daryanto. 2011. “Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah”. Yogyakarta; Gava Media..

F Rahman . 2008. منهج تدريس الكلام في اللغة العربية. Nady Al-Adab Haeruddin. 2011. Kelas Kata Dalam Bahasa Arab. Universitas Gadjah Mada

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Hamid, M. Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, dan Media. Malang: UIN Malang Press. Hermawan, Asep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Cetakan kedua. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ismari. 1995. “ Tentang Percakapan”. Skripsi sarjana, Surabaya: Universitas Arlangga.

Kaseng, Sjahruddin. 1992. “ Linguistik terrapin pengantar menuju pengajaran bahasa yang sukses”. Skripsi Sarjana, Ujung Pandang: Ikip Ujung Pandang.

Khalilullah, Muhammad. 2009. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Lawadi. 1987. Metode Pembelajaran Bahasa Arab Dasar. Surabaya: Usaha Nasional.

Mahsun. 2007. “Metode Penelitian Bahasa”. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.

Muhammad, Abubakar. 1981. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Surabaya: Usaha Nasional.

Musthafa, 2008. “pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Startegi, Materi, dan Media. UIN Malang: Malang Press.

NHA Safa, YS Baso, F Rahman, AA Hamzah. 2012. Hubungan Penguasaan Mufradat Dan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Rahman, As’ad. 2011. Penggunaan Metode al-Sham’iyyah al-Shafawiyah dalam Pengajaran Bahasa Arab pada Siswa Madrasah Thanawiyah Pondok Pesantren Mazra’atul Akhirah Baramul Kecamatan Palateang Kabupaten Pinrang. Skripsi Sarjana, Makassar: Universitas Hasanuddin.

Rifaid.1991. “ Analisis percakapan dalam diskusi ilmu social dasar temntang hukuk dan norma-norma dalam masyarakat (Suatu tinjauan Tindak Tutur)”.Skripsi Sarjana, Makassar: Universitas Hasanuddin

Sa’id, Muhammad. 2009. “Aplikasi Metode Terjemahan bagi Peningkatan Kwalitas Belajar Bahasa Arab di MAN 3 Bima”. Skripsi Sarjana, Makassar: Universitas Hasanuddin.

Santoso, Gempur. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif”. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Suharno.2008.“Pembelajaran-kosakata-Bhasa-Arab.http://www.nanoazza,word press.com (Diakses pada tanggal 06 Juni 2014, pukul :11.33 WITA). Suyadi. 2011. Libas Skripsi dalam 30 Hari. Yogjakarta : Diva Press

Tho’imah. 1989. “Pelaksanaan metode drill (latihan siap) dalam pembelajaran bahasa Arab”. http://idb2.wikispaces.com/file/view/Ir2013.pdf

Usman. 2012. Metode Hifzu al-Mufradāt wa al-Muhadthah dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara bagi Siswa Pondok Pesantren Al-Junaidiyyah Biru Kabupaten Bone. Skripsi Sarjana, Makassar: Universitas Hasanuddin.

Wardhani , IGAK dan Wihardit, Kuswaya. 2009 “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta : Penerbit Universitas Terbuka.

YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM Yunus, Mahmud. 1983. Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Jakarta : Hidayakarya Agung.

Yusutriana.2012.“Pesantrendanimamzarkasyi”.http://mubaligh.blogspot.com/201 2/01/pesantren-dan-kh-imam-zarkasyi-dari.html, Zuhriah, Z. (2008). PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN UNSUR SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA INDONESIA. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 65-71. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3868

Downloads

Published

2022-11-06

Versions