Al-QIYᾹS DAN ISTIṢḤᾹB AL-ḤAL DALAM MENETAPKAN KAIDAH-KAIDAH NAḤWU ALIRAN AL-BAṢRAH
Abstract
Penelitian ini berupa Al Qiyas dan Istishab al Hal dalam meneta[pkan kaidah-kaidah Nahwu aliran Basrah. Qiyas adalah sumber kaidah-kaidah nahwu dan yang di buat dasar untuk menerangkan masalah tentang Seperti yang dikatakan al-Kisaiy bahwasannya nahwu adalah qiya>s yang dijadikan panutan. Dan ini juga termasuk salah satu sumber dalam penggalian hukum dalam ilmu ushul nahwu. Dia berperan dalam merumuskan kaidah kebahasaan seiring dengan dimulainya perumusan dasar-dasar ilmu nahwu.
Menurut Ibnu Jinni al-istishabul hal adalah keluarnya kalam dari arena cakupannya karena tidak ada dalil yang menunjukan makna yang dimaksud. Sedangkan menurut Abu-al-Baraka>t al-Anbari istisaḥābu al- hal adalah menentapkan lafaz sebagaimana awal mula tanpa ada perpindahan makna dari asal”.
References
Abd. al-Ḥamid al-Sayyid Ṭilib. 1976. Tārikh al-Naḥwu wa Usụluh . al-Qāhirah: Maktabah al-Shabāb.
al-Akhfash, Sa’yd bin Ma’adah al-Majāsh’y al-Balkhy.1981a. Ma’āny al-Qur’an. al-Kuwayt: alshārikah al-Kueaytiyyah. al-Alūsy, al-Sayyid Mahmud Shukry. al-Ḍarāir wa mā yasghū li al-Shā’ir dūna al-Naẓir. Bagdad: Dār al-Bayān.
al-Anbāry, Kamāl al-Dyn Abu Barakāt ‘Abd al-Raḥmāan .1953 . al-Insāf Fi Masāil al-Khilāf bayn al-Naḥwiyyin al-Baṣriyyin al-Kūfiyyin. al-Qāhirah: Maṭba’ah al-Hijāz.
al-Anṣāry, Aḥmad Makky. 1964. Abū Zakariyā al-Farrā’ wa Madhhabuh fi al- Naḥwu wa al-Lughah. al-Qāhirah: al-Majlis al-A’la Li Ri’āyat al-Funūn wa al-Adab wa al-‘Adab wa al-Ulūm al-Ijtimā’iyyah. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. ‘Atyq, ‘Abd al-‘Aziz . T.th. al-Madkhal ilā ‘ilm al-Nahwu wa al-Ṣarf. Bayrūt: Dār al-NahḌah al-‘Arabiyyah.
Baso, Y. S. (2006). The Preverbal Negation Particles In Arabic. Makassar, South Sulawesi Indonesia: Hasanuddin University.
Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.
Baso, Y. S. (2008). LANGUAGE USED AND LANGUAGE CHOICES. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 66-74. https://doi.org/10.20956/jna.v3i2.3832 Ḍayf Shawqi . 1968. al-Madāris al-Naḥwiyyah . al-Qāhirah: Dār al-Ma’ārif.
Effendy, Ahmad Fuad. 2002. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Ḥayyan, al-Andalūsy al-Gharnaty. 1986. Tadhkirat al-Nuhūt Bayrūt: Mu’assat al- Risālah.
Hikmat, Mahi M. 2011.Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ibn Jinny, Abū al-Fatḥ ‘Uthmān. 1983. al-Khaṣāiṣ . Bayrūt: ‘Ᾱlam al-Kutub.
Kahar, Eka Adhary. 2008.”Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswi Madrasah Tsanawiayah As’adiyah Putri Ii Pusat Sengkang Kabupaten Wajo”. Skripsi Sarjana. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Kholisin, cikal bakal ilmu Nahwu. 2014. http://forumstudinahwu. Blogspoot.com (14 September 2014)
Mahsun. 2012. ”Metode Penelitian Bahasa”.Jakarta: PT RajaGrapindo Persada.
Safā, Najmuddin H.Abd. 2008. Bahasa dan Seni.http//bagaimanakah-proses- kelahiran ilmu.html (14 September 2014)
al-Sayyid, ‘Abd. Al-Rahman. 1968. Madrasat al-Bas}rah al-Nah}wi>yah: Nash’atuhā Wa taṭawwuruhā. Cet. Ke-1. Al-Qāhirah: Dār al-Ma’ārif.
Suharso dan Ana Retnoningsih. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Semarang: Widya Karya.
al- Suyūṭy, Abu al-Faḍl ‘Abd.alRaḥmān Jalal al-Din bin Aby Bakr. 1987. Al- Munẓir fi Ulūm al-Lughah wa anwāihā. Al-Qahirah: Dār al-Iḥyā al-Kutub al-Arabiyyah.
Zuhriah. (2012). Gaya Bahasa Dalam Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (Suatu Analisis Kontrastif). Tesis. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles inthis journal are under copyright of journal Sarjana and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management