This is an outdated version published on 2023-01-24. Read the most recent version.

EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 10 KOTA MAKASSAR

Authors

  • Nurhudayah S

Abstract

Menulis merupakan salah satu kemampuan berbahasa yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan menulis bahasa Arab siswa SMA Neg 10 Makassar terutama kelas XII IPA III masih rendah. Kurangnya pemahaman dalam kemampuan menulis karena metode pembelajaran yang kurang efektif, kurang menarik dan monoton. Oleh karena itu pengajar harus memilih metode yang tepat dan sesuai untuk siswa. Salah satu metode pembelajaran adalah metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana kemampuan menulis siswa bahasa Arab siswa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektifitas penggunaan pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dari penggunaan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap kemampuan menulis bahasa Arab siswa dilakukan dalam pre-test kemudian menerapkan metode pembelajaran kooperatif Think Pair Share dan post-test adalah peningkatan persentase nilai jawaban yang benar dan persentase penurunan nilai jawaban yang salah setelah proses pembelajaran berlangsung.

References

Arsyad, Azhar. 2010 a. Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya: Beberapa Pokok Pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ,

Azhar .2010 b. Dasar-Dasar Penguasaan Bahasa Arab: Melalui Kata Benda Popular Bahasa Arab. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.

Baso, Y. S. (2008). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48-54. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3866

Baso, Y. S. (2009). Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran Bahasa. Malang, Penerbit Myskat.

Batara Syawal, Anhar. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Computer Assisted Learning (CAL) Bahasa Arab Di SMAN 1 Labakkang Pangkep. “skripsi”, Universitas Hasanuddin.

Fitriyani, Dewi. 2013. Efektifitas media E-learning terhadap keterampilan menulis bahasa Arab kelas XI Bahasa SMA Islam Sudirman Ambarawa. “skripsi”, Universitas Negeri Semarang. F Rahman . 2008. منهج تدريس الكلام في اللغة العربية. Nady Al-Adab

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur Dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim A, ZulhamZah. 2014. Model Pembelajaran Kooperatif Think Pairs Write. “Makalah”: Universitas Mulawarman.

Isjoni, H. 2013. Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jalil, Jasman. 2014. Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas: PTK. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kasmadi & Nia Siti Sunariah. 2014. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Nuri, Mustafa & Hafnah Intan .2008. al-Arabiyyah al-Muyassarah. Jakarta: Pustaka Arif.

Slavin, Robert E .2015. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono, P. D. .2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Usman .2012. Efektifitas penggunaan metode Hifzu al-Mufradat wa al-muhadathah dalam meningkatkan kemampuan berbicara bagi siswa pondok pesantren modern al-Junaidiyyah biru kabupaten Bone. “Skripsi”, Universitas Hasanuddin.

Umam, Chatibul .2011. Pedoman Dasar Ilmu Nahwu: Terjemah Mukhtashar Jiddan. Bandung: Darul Ulum Press

Yazid, Ahmad & Umar Hubeis. 2011. Belajar Mudah Ilmu Nahwu Shorof: Tata Bahasa Arab Terapan I. Surabaya: Pustaka Progressif.

YS Baso. 2008. Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Nady Al-Adab Vol 5

YS Baso. 2005. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa UNHAS Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM

Zuhriah, Z. (2008). PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN UNSUR SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA INDONESIA. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 65-71. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3868

Downloads

Published

2022-11-06 — Updated on 2023-01-24

Versions

How to Cite

Nurhudayah S. (2023). EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SMA NEGERI 10 KOTA MAKASSAR. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 2(3 (September). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20222 (Original work published November 6, 2022)