PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÂT DI SD IT AL-INSYIRAH KEC. BIRINGKANAYA MAKASSAR
Abstract
Skripsi ini berjudul “PemafaatanMedia Gambar Dalam Pembelajaran Mufradat di SD It Al-Insyirah.Adapun rumusan masalah dalam skripsi iniialah Media apa saja yang di gunakan di SD IT al-Insyirah dalam pembelajaran, bagaimana penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IT al-Insyirah,dan Sejauhmana pengaruh penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IT al-Insyirah. Adapun tujuan dalam skripsi ini ialah Untuk menjelaskan media pembelajaran bahasa Arab di SD IT Al-Insyirah, Mendeskripsikan penerapan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IT Al-Insyirah dan menganalisis pengaruh media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab di SD IT Al-Insyirah. Dalam skripsi ini metode yang digunakan kuantitatif, metode penelitian kuantitatif menggunakan pengukuran atau numerik terhadap masalah yang hendak diteliti juga pada pengumpulan data analisa data. Adapun hasil dari penelitian ini ialah penguasaan media gambar didalam proses belajar mengajaran di kelas V putri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbahasa Arab.
References
Agussalim, Andi. 2009. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kemampuan Penggunaan Damir pada Siswa SD Islam Terpadu Wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar”. Skripsi Sarjana. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Akbar Muh.Kurniawan.2012.Efektivitas Penggunaan Media Visual (Animasi) Terhadap kemampuan Berbahasa Arab Siswa kelas VII MTsN Model Makassar. Skripsi Sarjana.makassar: Universitas Hasanuddin
Arsyad, Azhar. 2010. Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya.Yogyakarta: Pustaka Pelajar .
Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Baso, Y. S. (2006). Materi Pelajaran Interaktif Bahasa Arab Berbasis Web Dan CD. Jurnal Nady al-Adab. Tahun ke-4, Nomor, 1.
Baso, Y. S. (2008). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 48-54. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3866
Baso, Y. S. (2009). Cara Mudah Membuat Latihan Interaktif Pembelajaran Bahasa. Malang, Penerbit Myskat.
Baso, Y. S. (2013). Program Multimedia Bahasa Arab. Padang: Prosiding PINBA IMLA.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran & Inovatif. Jakarta: Publisher.
Gagne, R.M., Briggs, L.J. 1992. Principles Of Instructional Desing (4th ed). New York: Reihhart and Winston.
Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098
Hamalik, Oemar. 2011. Prencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamid, Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Malang Press.
Hermawan, Acep.2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Kountur, Ronny. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Buana Printing.
Kridalaksana, Harimurti. 1983. Kamus Linguistik. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama,
Lannon, Jhon, M. 1982. Teachnical writing. Boston: Little Brown and Company
Lutfi, Ahmad Shohihul. 2014.Fungsi-Dan-Manfaat-Media-Pembelajarandalam http://lutfisayonk.blogspot.com diakses 1 maret 2015 Mahsun. 2012. Metode Penelitian Bahasa. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analalisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.
NHA Safa, YS Baso, F Rahman, AA Hamzah. 2012. Hubungan Penguasaan Mufradat Dan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Nurazizah.2014. Penggunaan Media Visual Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Arab di Pesantren Darul Istiqomah Kabupaten Luwu.skripsi sarjana: Universitas Hasanuddin 48 49
Prasetyo, dkk. 2005.Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Sudjana dan Rivai. 1991. Media Pengajaran. Bandung : CV. Sinar Baru Algesindo.
Suharno.2008.Pembelajaran-Kosakata-Bahasa-Arabdalam http://nanoazza.wordpress.com, diakses 27 januari 2015)
Supiyan, Eko.2010.Media Gambardalamhttp://ekosupiyan.blogspot.com.Diakses 28 januari 2015. Makassar
YS Baso. 2005. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab Zakaria, Aceng. 2008. al-Muyassar Fī „Ilmal-Naḥw. Garut: Ibn Azka Press Zuhriah, Z. (2008). PENYIMPANGAN-PENYIMPANGAN UNSUR SERAPAN BAHASA ARAB DALAM BAHASA INDONESIA. Nady Al-Adab : Jurnal Bahasa Arab, 5(2), 65-71. https://doi.org/10.20956/jna.v5i2.3868
Downloads
Published
Versions
- 2023-01-24 (2)
- 2022-11-06 (1)
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
All right reserved. The articles inthis journal are under copyright of journal Sarjana and the author of the article. No part of the articles may be reproduced without permission of the journal management