PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTS IRSYADUSSALAM CAKKEWARE KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE

Authors

  • Wahiduddin

Abstract

Dalam penelitian ini penulis menerapkan sebuah metode pembelajaran yang belum pernah diterapkan sebelumnya di MTs Irsyadussalam Cakkeware Kabupaten Bone. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaiman pengaruh peserta didik dalam memahami mufradat dengan metode berbeda yang telah diterapkan pendidik di Mts Irsyadussalam Cakkeware sebelumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur apakah media yang diterapkan oleh penuls mempunyai pengaruh dalam hal pembelajaran bahasa Arab di MTs Irsyadussalam Cakkeware, maka penulis melakukan penelitian dengan cara terjung langsung mengamati situasi belajar siswa dengan bertindak sebagai pengajar. Penulis mengawalinya dengan menentukan kelas kontrol (control class) dan kelas eksperimen (experimental class ), dan terpilihlah menjadi dua kelas, yaitu kelas VIII putra sebagai kelas kontrol dan sendangkan kelas VIII putri sebagai kelas eksperimen. Kelas VIII putra tidak ada perlakuan dalam pengajaran, sedangkan kelas VIII putri diberi perlakuan dalam pengajaran berupa media visual, setelah itu penulis akan membandingkan dari dua kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, ternyata kelas VIII putri mengalami peningkatan dalam penguasaan mufradat yang telah diperbandingkan dengan kelas VIII putra. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran media visual sangat berdampak yang signifikan dalam membantu siswa MTs Irsyadussalam dalam peningkatkan pembelajaran bahasa Arab.

References

A Agussalim. 2009. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kemampuan Penggunaan Damir Pada Siswa SD Islam Terpadu wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Universitas Hasanuddin

Akbar, Muh.Kurniawan.2012. Efektivitas Penggunaan Media Visual (Animasi) Terhadap kemampuan Berbahasa Arab Siswa kelas VII MTsN Model Makassar. Skripsi Sarjana.makassar: Universitas Hasanuddin

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontesktual (Inovatif). Bandung: CV Yrama Widya

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta :Rineka Cipta

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran & Inovatif. Jakarta:

Daryanto. 2013. Strategi & Tahapan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya Skripsi Sarjana.makassar: Universitas Hasanuddin

F Rahman . منهج تدريس الكلام في اللغة العربية . 2008 . Nady Al-Adab

Gagne, R. M., Briggs, L.J. 1992. Principles of Instructional Design (4th ed). New York: Reihhart and Winston.

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Hamalik, Oemar. 2011. Prencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamid, Abdul dkk.2008, Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Uin Malang Press.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mahsum. 2012.” Metode penelitian Bahasa”.Jakarta:PT Raja Grapindo Persada.

Muhbib, Abdul Wahab, Drs, MA, 2004. Teknik dan model penyajian materi Bahasa Arab, Depag RI, Jakarta,

Mustofa, Saiful, 2010. Strategi Pembelajaran Mufradat, UIN Malang.

NHA Safa, YS Baso, F Rahman, AA Hamzah. 2012. Hubungan Penguasaan Mufradat Dan Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab 66 Kazzuya.2010. prosedur Penelitian. http//kazzuya.wordpress.com/2010/03/09. Prosedur penelitian (Di akses pada tanggal 3 maret 2014) Kountor, Ronny.2009. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skiripsi dan Tesis. Jakarta: Buana Printing.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suardika. 2010. Instrumen Penelitian. http://aritmaxx.wordpress.com/2010/06/30/ instrimen-penelitian/ (29 Maret 2013)

Syamsuddin, 2009.Metode Penelitian Pendidikan Bahasa, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Usman, Basyiruddin, 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama Tha‟imah

Rusdy Ahmad, tampa tahun, Al-Marja‟ Fil‟ Ta‟lim al-lugha‟ Arabiyyah li an-nathaqin bin Lughatin Ukhra, jami‟ah Ummul Al-qura, Ma‟had allugha al-arabiyyah, Wahdat al-buhuts Wal al manahij, Sililah Dirasat fi Ta‟lim Al-Arabiyyah jus II

Walgito, Sigit. 2010. Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran berbantuan Komputer terhadap Kemampuan Penguasaan Mufradat pada Siswa SMP Muhammadiyah Makassar. Skripsi Sarjana.makassar: Universitas Hasanuddin

YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM

Downloads

Published

2022-11-06 — Updated on 2023-01-21

Versions

How to Cite

Wahiduddin. (2023). PENGGUNAAN MEDIA VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT DI MTS IRSYADUSSALAM CAKKEWARE KECAMATAN CENRANA KABUPATEN BONE. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 1(1 (Januari). Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/20519 (Original work published November 6, 2022)