This is an outdated version published on 2022-11-06. Read the most recent version.

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI PESANTREN ITTIHADUL USRATI WAL JAMA’AH DDI LERANG-LERANG

Authors

  • Nurjannah Nawawi

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Pesantren Ittihadul Usrati Wal Jama’ah DDI Lerang- Lerang. Adapun tujuannya adalah menerapkan strategi pembelajaran Index Card Match pada mata pelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini, penulis mengajar pada dua kelas dengan menggunakan media dan strategi yang berbeda, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada kelas kontrol tidak diberi perlakuan dalam pengajaran, sedangkan pada kelas eksperimen diberi perlakuan dalam pengajaran berupa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match, setelah itu penulis membandingkan hasil pembelajaran antara ke dua kelas tersebut. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ternyata kelas eksperimen mengalami peningkatkan keaktifan belajar pada siswa yang lebih dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Index Card Match, yang digunakan dalam proses pengajaran bahasa Arab sangat efektif.

References

A Agussalim. 2009. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kemampuan Penggunaan Damir Pada Siswa SD Islam Terpadu wihdatul Ummah Kecamatan Panakkukang Kota Makassar. Universitas Hasanuddin

Aini, Nurul. 2013. “Penerapan Metode Drill dalam Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Depag, RI. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar Berciri Khas Agama Islam. Jakarta: Dirjen. Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Djamorah dkk. 2008. Ragam Pembelajaran Interaktif. (Online) (http://dossuwanda.wordpresscom/2008/03/18/ragam-metodepembelajaran/). Diakses 30 Desember 2015

Effendi, Ahmad Fuad.2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Penerbit Misykat.

Fachruri, Slamet. 2014. “Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IV SD Negeri Wonosido Pituruh Purwerjo Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Haeruddin, H. (2020). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 1(1), 12-18. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/kp/article/view/8098

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Martono, Nanang. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Analalisis Isi dan Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Pers.

Marwan. 2012. Metode Index Card Match. Jakarta. Wordpress.com Maulana, Moh Ishak. 2013. “Meningkatkan Motivasi Belajar Mufradat Melalui Strategi Index Card Match pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Kelas Awwaliyah Satu (MAD-1) Madrasah Diniyah (MADIN) Al-Muhtadin Plumbon Banguntapan Bantul Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Prasetyo, dkk. 2005. Metode Penelitien Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: Ciputat Press. Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Penerbit Nusa Media. 53

Syakur, Nazri. 2008. Proses Psikologik dalam Pemerolehan dan Belajar Bahasa Arab (Seri Psikolinguistik). Yogyakarta: UIN SUKA

Sudjana, Nana. 1998. Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suyadi. 2010. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa UNHAS Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM

YS Baso. 2004. Efektivitas Formal Instruction Dalam Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Melafalkan Fonem-Fonem Frikatif Bahasa Arab. LPPM Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani

Downloads

Published

2022-11-06

Versions