Konflik Dalam Film Series “Al-Qafash” Karya Bader Al-Jazzaf Dan Muhammad Al-Anzi (Tinjauan Intrinsik)

Authors

  • Nurul Hikmah Hasanuddin University
  • Haeriyyah Haeriyyah Universitas Hasanuddin
  • Mujadilah Nur Hasanuddin University

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi jenis konflik yang terjadi dalam film series “Al-Qafash” dengan menggunakan tinjauan  intrinsik (2) Mendeskripsikan faktor yang menyebabkan terjadinya konflik dalam film series “Al-Qafash”, (3) Menganalisis konflik yang menyebabkan terjadinya klimaks dalam film series “Al-Qafash” Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Data dalam penelitian ini berupa data audio (berupa dialog) dan data visual dalam film “Al-Qafash” karya Bader Al-Jazzaf dan  Muhammad Al-Anzi . Sumber data penelitian ini adalah film “Al-Qafash” karya oleh Bader Al-Jazzaf dan  Muhammad Al-Anzi . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Jenis-jenis konflik yang terdapat dalam film Al-Qafash terdiri dari konflik internal  yang terjadi dalam diri tokoh (konflik batin) dan konflik eksternal yang terjadi antar individu seperti konflik antara Rawan dan Zaid, Ibu Rawan dan Zaid, Ayah dan Ibu Rawan, Lamia dan Hanan, Lamia dan Dr. Nasser serta Dr. Nasser dan Hanan (2) Penyebab terjadinya konflik dalam film Al-Qafash yaitu; perbedaan antar individu karena adanya perbedaan keinginan dan sikap yang tidak ada mau mengalah satu sama lain, perbedaan kebudayaan yaitu perbedaan yang terjadi di keluarga Zaid dan Rawan, dan perbedaan kepentingan yaitu perbedaan ekonomi antara Zaid dan Saqr. (3) Konflik yang menyebabkan terjadinya klimaks pada kisah Rawan dan Zaid yaitu  dimana ibunya Rawan yang terus membandingkan dua menantunya dalam segala hal, seperti membandingkan kehidupan rumah tangga Rawan dengan adiknya yang lebih stabil secara ekonomi. Begitu pula klimaks ini muncul ketika Lamia dan Dr. Nasser bertengkar karena tidak ada kepastian hubungan yang serius diberikan oleh Dr. Nasser kepada Lamia, sehingga Lamia memilih pergi dari kehidupan Dr. Nasser.   Kata Kunci: Konflik, Unsur Intrinsik, Al-Qafas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin. (2011). Pengantar Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hasmah, R., Masnani, S. W., & Nur, M. (2023, September). Kritik Sosial dalam Novel Lan Amūta Sudā karya Jehād Al Rajbȳ. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(3), 51-63.

Idris, Z. (2019). "Konflik Dalam Novel Layla Turkista". repository.unhas.ac.id, (Diakses 20 Februari 2023)

Masnani, S. W. (2005). Tradisi Barazanji di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 43-57.

Masnani, S.W., Aminah,T., & Bahri, S. (2023). Kepribadian Tokoh Dalam Film Al-Fiil Al-Azraq: Suatu Pendekatan Psikologi Sastra. Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 3(2), 37-52 (Diakses 30 Oktober 2023).

Masnani, S. W. (2005). Tradisi Barazanji di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Nady Al-Adab: Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 43-57.

Miles, M. B. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nurgiyantoro, B. (2002). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada

___________, (2010). Penilian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFe.

______ _____, (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sumardjo (1986). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT.Gramedia.

Soekanto, Soerjono. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grapindo Persada

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta .

Wijono. (1993). Konflik Dalam Organisasi. Semarang: Satya Wacana

مجد خضر (٢٠١٦)مفهوم الصراع وطبيعته: https://mawdoo3.com

Zuhriah, Z. (2018). Changes Pattern Formation Qasidah Burdah Imam Al-Būṣīry. Springer, 233–243. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5669-7_20

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Hikmah, N., Haeriyyah, H., & Nur, M. (2024). Konflik Dalam Film Series “Al-Qafash” Karya Bader Al-Jazzaf Dan Muhammad Al-Anzi (Tinjauan Intrinsik). Jurnal Sarjana Ilmu Budaya, 4(01), 44-55. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/jsbsk/article/view/32967