Pengaruh Penggunaan Aplikasi ”Assemblr Edu” terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa MTs Bhayangkara Makassar

Authors

  • Alfira Nadiana Universitas Hasanuddin
  • Haeriyyah Universitas Hasanuddin
  • Andi Agussalim Universitas Hasanuddin

Abstract

ALFIRA NADIANA. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi “Assemblr Edu” terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa MTs Bhayangkara Makassar” di bawah bimbingan Ibu Haeriyyah, S.Ag., M.Pd.I dan Bapak Dr. Andi Agussalim, S.S., M.Hum.

Latar Belakang. Mayoritas siswa Mts Bhayangkara Tallo Lama Makassar masih belum mampu menguasai kosakata bahasa Arab. Hal ini merupakan salah satu masalah terbesar dalam pembelajaran bahasa Arab di Mts Bhayangkara. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penerapan dan menganalisis pengaruh penggunaan media Assemblr Edu terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab pada siswa kelas VII B MTs Bhayangkara Tallo Lama Makassar. Metode. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan teknik analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes (pre test dan post test). Data telah dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS. Hasil. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII B mengalami peningkatan kosakata setelah menggunakan aplikasi Assemblr Edu dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab. Kosakata tersebut berupa غرف في البيت، مضمون الغرف في البيت، الأعمال اليومية، أفراد الأسرة، فعل المضارع. Hal ini dibuktikan pada hasil uji paired sampel t-test pada nilai pre test dan post test siswa kelas VII B di MTs Bhayangkara yakni nilai Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan aplikasi Assemblr Edu terhadap peningkatan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di MTs Bhayangkara Makassar.

Kata Kunci : pengaruh, Assemblr Edu, kosakata bahasa Arab

References

Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam | Computer Based Information System Journal. CBIS Journal, 3(2), 78–90. https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/cbis/article/view/400

Agustin, A., & Wardhani, H. A. K. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (AR) Berbantuan Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar Siswa SMP IT Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7–13. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952

Akhriani, Asmara, Hikmah, & Agussalim. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Arab dan Budaya Makassar dengan E-Ktp (Elektronik Kartu Pintar). Ash-Shahabah Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(2), 209–216. http://journal-uim-makassar.ac.id/index.php/ASH/article/view/230/0

Arsyad, A. (2020). Media Pembelajaran (A. Rahman (ed.)). PT RajaGrafindo Persada.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar. Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5665

Azmi, N., Syamsuddin, B., & Mariah, E. (2019). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Arab Meningkatkan Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Limbung. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/15356

Haeruddin, Haeriyyah, & Alwi, R. (2019). PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang. Khazanah Pengabdian, 01(1), 12–18. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1505058&val=17978&title=PPMU-PKM Madrasah Ibtidaiyyah Abu Hurairah Sudiang

Hasyim, M., Rokhmatulloh, N., Rosadi, M. I., & Zakaria, F. A. (2021). Implementasi Teknologi Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Android Menggunakan Metode Markerless Tracking. Jurnal Explore IT : Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik Informatika, 13(1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.35891/explorit Implementasi

Hidayat, N., Siti, S., & Ubaidillah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa (Penelitian di SMPIT Widya Cendikia Taktakan). Proceeding of Annual International Conference on Islamic Education and Language (AICIEL), 1033–1037. https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/aiciel/article/view/9799

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya.

Masnani, S. W. (2019). Active learning as one of straregies in increasing student’s participation. Jurnal Inspiratif Pendidikan, VIII(2), 281–291. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.11353

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Perbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1), 36–48. https://doi.org/10.21831/jee.v1i1.13267

Nurnaena, S., & Gumiandari, S. (2022). Efektivitas Penggunaan Augmented Reality untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Man 1 Cirebon. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(4), 402–414. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i4.1974

Rahma, F. (2019). Media pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar). Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3608/2659

Rahmawati. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Word Wall terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Salaka, Kabupaten Takalar [Universitas Hasanuddin]. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/2790/

Saputri, D. S. C. (2016). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dan Hasil Belajar. Seminar Nasional APTIKOM (SEMNASTIKOM), 1(1), 662–669. https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/semnastikom2016/article/view/256

Unsi, B. T. (2014). Media Gambar dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Tafaqquh, 2(1), 26–44. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v2i1.18

Downloads

Published

2024-10-01