Analisis Strategi Pengembangan Usaha Lemon (Citrus Limon L.)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Lemon merupakan salah satu komoditi holtikultura yang memiliki potensial dan memperolehkan prioritas untuk dikembangkan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta menganalisis faktor internal dan faktor eksternal, perumusan alternatif strategi, dan penentuan prioritas strategi yang dapat dilakukan dalam strategi pengembangan usaha lemon (Citrus Limon L.). Metode analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 12 faktor internal dan 12 faktor eksternal dalam usaha lemon PT XYZ. Pada matriks IE hasil perbandingan total nilai skor dari matriks IFE dan EFE menunjukkan bahwa posisi usaha lemon (Citrus Limon L.) berada pada sel V dengan nilai koordinat 2,42608;2,71945. Melihat posisi usaha lemon (Citrus Limon L.) PT XYZ dihasilkan 6 alternatif strategi pada matriks SWOT yang dapat dilakukan sebagai langkah dalam pengembangan usaha lemon (Citrus Limon L.). Hasil analisis QSPM menunjukan terdapat 3 strategi yang menjadi prioritas dalam pengembangan usaha lemon (Citrus Limon L.) yaitu: 1) Melakukan pengembangan produk dan penawaran produk ke bisnis/konsumen baru; 2) Mengembangkan pemasaran produk dengan mempertahankan harga jual ekonomis kepada konsumen; 3) Memperluas ruang lingkup penetrasi pasar melalui kerjasama dengan instansi pemerintah, perusahaan lain, dan usaha kuliner berbahan baku lemon.
Kata Kunci : lemon; strategi pengembangan; SWOT; QSPM.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This works is under Creative Commons Attribution LicenseDeprecated: json_decode(): Passing null to parameter #1 ($json) of type string is deprecated in /home/journal33/public_html/plugins/generic/citations/CitationsPlugin.inc.php on line 49
Referensi
Ameraldo, Fedi, and Nazli Anum Mohd Ghazali. 2021. “Factors Influencing the Extent and Quality of Corporate Social Responsibility Disclosure in Indonesian Shari’ah Compliant Companies.” International Journal of Business and Society 22(2):960–84. doi: 10.33736/ijbs.3775.2021.
Aulia, F. W., Dhea, A., Satria, E. P., and Annie, M. P. 2021. “Analisis Lingkungan Internal Dan Eksternal Dalam Menghadapi Kompetitor Di Masa Pandemi Pada Perusahaan Indofood.” 5(2):2858–64.
BPTP Sumatera Barat. 2020. “Jeruk Lemon Tanaman Buah Kaya Akan Manfaat.” Retrieved (http://sumbar.litbang.pertanian.go.id/index.php/info-tek/1731-jeruk-lemontanaman-buah-kaya-akan-manfaat).
BPS Jawa Tengah. 2022. “Produksi Tanaman Buah-Buahan, 2021-2022.” Retrieved (https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NjIjMg==/produksi-tanaman-buah-buahan.html).
BPS Nasional. 2023. “Produksi Buah-Buahan Menurut Jenis Tanaman Dan Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Tengah (Kuintal).” Retrieved (https://jateng.bps.go.id/indicator/55/2129/1/produksi-buah-buahan-menurut-jenis-tanaman-dan-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html).
David, Fred., David, Forest. 2016. Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts. New Delhi: Pearson.
Dumasari, Dumasari. 2021. “Development of Superior Food Safety Management from Household in Covid-19.” 12(5):2707–17.
Dumasari, Dumasari. 2022. “Functional and Economic Benefits of Leading Food in The Time of The COVID 19 and New Normal Pandemic.” Academy of Strategic Management Journal 21(1):1–12.
Dumasari, Dumasari, Kartika, R. W., and Imam, S. 2023. “Psychological Determinants of Farmer Household Empowerment in Achieving Food Security and Resilience in Vegetable and Fruit Production during the COVID-19 Pandemic and New Normal.” Journal for Re Attach Therapy and Developmental Diversities 62(9S2):68–77.
Fradinata, Edy. 2021. Strategi Perusahaan. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Mahaerani, A., Dini, R., and Zulfikar, N. 2017. “Strategi Pengembangan Agroindustri Santan Kelapa.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agroinfo Galuh 3(2):80. doi: 10.25157/jimag.v3i2.213.
Maulida, E., Gustian, D., Ira, V. S., Ni Nyoman, K. U., Putu, L. D. R., Tasrim, Aditya, W., I. Gusti Ngurah, J. A. W. K., Hani, D. A., Ekalia, Y., Atika, and R. Suryanti, R. 2021. Analisis Strategi (Space, Bcg, Ie, Gs, Dan Qspm). edited by H. F. Ningrum. Bandung: Media Sains Indonesia.
Misna Malinda, Wa Ode Riska. 2019. “Pelaksanaan Fungsi Manajemen Dalam Pengembangan Usaha Pada Sentra Kerajinan Nentu Mekar Baru (Bumdes) Di Desa Korihi Kecamatan Lohia Kabupaten Muna.” Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis 4(1). doi: 10.52423/bujab.v4i1.8236.
Mulyanagara, G., and Ali, H. 2023. “Pengaruh Perubahan Struktur Organisasi , Budaya Dan Kinerja Pekerja Terhadap Strategi Perusahaan.” Jurnal Ilmu Multidisiplin 2(3):282–91. doi: https://doi.org/10.38035/jim.v2i3.381.
Parameswari. 2021. “Strategi Pengembangan Usaha Tepung Mocaf (Modified Cassava Flour)(Studi Kasus Di PT. Rumah Mocaf Indonesia Kabupaten Banjarnegara).” Surya Agritama 10(2):1–13.
Qanita, A. 2020. “Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D’Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep.” Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen 1(2):11–24. doi: 10.15575/jim.v1i2.10309.
Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. 1st ed. Yoyakarta: Deepublish.
Sondang, P. Siagia. 2018. Manajemen Stratejik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R Dan D. Bandung: Alfabeta.
Wibawa, I. Putu Agus Hendra. 2018. “Konservasi Citrus Spp. Di Kebun Raya Bali Serta Potensi Pemanfaatannya.” E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika 7(3):326–34.
Wijaya, A., Yusuf Enril, F., Sisca, Revi Ernanda, E. A. S. M., Moses Lorensius, P. H. Y. J. P., Hengki Mangiring, P. S. A. N., Muhammad, A. W., Bonaraja, P., Mochamad, S., Hendra, M. S., and Agustina, F.. 2021. Ilmu Manajemen Pemasaran : Analisis Dan Strategi. 1st ed. edited by R. Watrianthos. Medan: Yayasan Kita Menulis.