ETIKA LAYANAN SIRKULASI DI PERPUSTAKAAN UTSMAN BIN AFFAN UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui cara pemberian layanan sirkulasi yang sesuai
ketentuan/etika dan untuk mengetahui ciri-ciri pelayanan yang baik/prima di Perpustakaan
Utsman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.
Hasil tulisan ini yaitu: Pertama, cara pemberian layanan sirkulasi yang sesuai
ketentuan/etika di Perpustakaan Utsman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia (UMI)
Makassar adalah dengan membiasakan mengucapkan salam jika bertemu dengan pemustaka,
mempersilahkan pemustaka masuk atau duduk, selalu dilakukan dengan ramah dan murah
senyum, bertanya tentang keperluan pemustaka dapat dilakukan dengan cara-cara yang baik,
sopan, dan ramah. dan ucapkan terima kasih apabila pemustaka memberikan kritik terhadap
perpustakaan, termasuk layanan sirkulasi sehingga memberi manfaat terhadap kemajuan
perpustakaan atau layanan sirkulasi ke depannya. Kedua, ciri pelayanan yang baik/prima
ditandai dengan tersedianya pustakawan sirkulasi, tersedianya sarana dan prasarana,
bertanggung jawab dalam menjalankan kegiatan layanan sirkulasi, mampu melayani secara
cepat dan tepat, mampu berkomunikasi, memiliki pengetahuan dan kemampuan yang baik,
dan berusaha memahami kebutuhan pemustaka