ANALISIS KEMAMPUAN SOSIAL PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN TAKALAR

Main Article Content

Ummul Khaerah

Abstract

Abstrak


 Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  kemampuan sosial pustakawan dalam membangun kualitas layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Takalar.


Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, sehingga data yang diperoleh dari tempat penelitian dapat digambarkan secara deskriptif. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu  pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data atau pengambilan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Kemampuan sosial pustakawan dalam pelayanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Takalar dapat dilakukan dengan cara memahami dan membangun komunikasi dengan pemustaka untuk mengangkat citra perpustakaan, memahami karakter pemustaka agar dapat memberikan layanan yang terbaik, layanan prima atau layanan berkualitas, dan pustakawan memiliki sikap atau tingkah laku yang baik, sopan, dan bisa juga kritis tentunya untuk kepuasan pemustaka. Kedua, usaha pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten dilakukan dengan cara meningkatkan profesionalisme pustakawan, mampu mencari dan menemukan informasi untuk pemustaka dengan cepat, menerapkan pelayanan yang baik, mampu melayani dengan berbasis 3S (Senyum, Salam, Sapa) termasuk ramah dan memiliki ruangan/perpustakaan yang nyaman, dan mampu menerapkan layanan prima atau layanan berkualitas (terpadu) di perpustakaan.


Implikasi penelitian ini adalah pustakawan hendaknya dapat menyapa dan memberikan senyuman kepada pemustaka ketika mereka mengunjungi perpustakaan. Senyuman dan sapaan pustakawan membuat pemustaka merasa disambut dengan baik, perlu penambahan staf yang berlatarbelakang ilmu perpustakaan, dan perlu adanya inisiatif pustakawan untuk meneliti kebutuhan pemustaka agar dapat memberikan layanan yang terbaik.


  Kata kunci: Pustakawan, Kemampuan Sosial, Kualitas Layanan.


 


Abstract


 The purpose of the research to know how the librarian ability to give services in library if takalar residence.


The reseacher use qualitatif resarch collecting data take from place of reseacher can figured as descriptif method with the technique through three step. Namely “ collecting data, take a conclution, verification data.


The result of the rearch showing that the first. The ability of social attitude the librarian to serve in the office can doing with build the communication with librarian to gine goog services, primary services, and satisfaction services of the visitors with three motto” smile, confortable, and can aplicate primary services and good quality the librarian services. The implication from the research, the librarian should be able to save the visitors and their will feel confortn anytime.


Keywords: Librarian, Social Ability, Service Quality.

Article Details

Section
Scientific Article