PENGARUH KOMPETENSI DIGITAL (e-Skills) TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi digital(e-Skills)terhadap kinerja pustakawan di UPT Perpustakaan, yang dilaksanakan mulai bulan Juli hingga Nopember 2020 menggunakan sumber dana Universitas Hasanuddin.
Sumber data dalam penelitian ini adalahData Primer dan Data Sekunder, teknik pengumpulan data melalui penyebaran daftar pertanyaan.Populasi penelitian ini adalah seluruh pustakawan yang ada di Universitas Hasanuddin dan aktif bekerja di UPT Perpustakaan hingga tahun 2020, sebanyak 48 orang. Penelitian ini mengambil seluruh pustakawan sebagai responden atau pengambilan sampel secara total (total sapling) karena jumlah populasi yang sedikit. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjelaskan frekuensi dari masing-masing variabel serta uji statistik regresi linear sederhana untuk membuktikan adanya pengaruhantara kompetensi digital (e-Skills), terhadap kinerja pustakawan (Y) diUPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin. Hasil uji statistik menerima hipotesis bahwa terdapat hubungan pengaruh positif yang signifikan antara variabel kompetensi digital (e-Skills), terhadap variabel kinerja pustakawan. Koefisien regresi sebesar 0,796 menunjukkan tingkat korelasi yang kuat. Temuan penelitian:kompetensi digital (e-Skills)pustakawan pada kategori baik, namun sebagian kecil pustakawan memiliki kompetensi digital (e-Skills)dibawah standar rata-rata, maka disarankan perlu ditingkatkan pengetahuan dan keterampilannya melalui Diklat teknis maupun fungsional kepustakawanan.
Kata Kunci: kompetensi digital (e-Skills), Kinerja pustakawan.
Abstract
This study aims to determine how the influence of digital competence (e-Skills) on the performance of librarians at Hasanuddin University Library, which was held from July to November 2020 using Hasanuddin University funding sources.
Sources of data in this study are Primary Data and Secondary Data, data collection techniques through distributing questionnaires. The population of this research is all librarians at Hasanuddin University who are actively working in Hasanuddin University Libraries until 2020, as many as 48 people. This study took all librarians as respondents or total sampling due to the small population. The data analysis used is descriptive analysis to explain the frequency of each variable and simple linear regression statistical test to prove the influence of digital competence (e-Skills) on the performance of librarian (Y) at Hasanuddin University Library Unit. The results of statistical tests accept the hypothesis that there is a significant positive relationship between the digital competency variable (e-Skills) and the librarian performance variable. A regression coefficient of 0.796 indicates a strong correlation level. Research findings: Librarians' digital competence (e-Skills) is in a good category, but a small proportion of librarians have digital competence (e-Skills) below the average standard, so it is advisable to improve their knowledge and skills through Librarian training.
Keywords: digital competence (e-Skills), Librarian performance.