PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA PUSTAKAWAN UNIVERSITAS HSANUDDIN
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komptensi yang terdiri dari
pengetauan, keterampilan, dan sikap terhadap kinerja Pustakawan Universitas
Hasanuddin. Dan untuk mengetahui dan mengnalisis kompetensi yang dominan yang
berpengaruh terhadap kinerja pustakawan Universitas Hasanuddin.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini
bertsifat survey yaitu menganalisis fakta yang menunjang keterangan yang diperlukan
untuk mendukung penelitian dalam memecahkan dan menjawab pokok permasalahan
yang diajukan yaitu analisis kompetensi yang berpengaruh terhadap kinerja Pustakawan
Universitas Hasanuddin. Dan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, data dianalisis
secara deskriptif dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa nilai
F hitung sebesar 87,270 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 yang menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel pengetahuan, keterampilan, dan sikap
terhadap kinerja pustakawan Universitas Hasanuddin. Hasil uji secara parsial
menunjukkan bahwa koefisien variabel pengetahuan sebesar 0.352 dengan nilai t hitung
2,195 dengan signifikansi sebesar 0.035 yang menunjukkan bahwa pengetahuan
berbengaruh secara positif, signifikan dan dominan tehadap kinerja pustakawan
Universitas Hasanuddin, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan, maka
semakin tinggi pula wawasan keilmuan pustakawan untuk meningkatkan kinerjanya.
Secara parsial menunjukkan bahwa koefisien keterampilan sebesar 0.296 dengan
signifikansi sebesar 0.0046 yang menunjukkan bahwa keterampilan berpengaruh terhadap
kinerja pustakawan Universitas Hasanuddin, yang berarti bahwa semakin tinggi skill yang
dimiliki pustakawan akan semakin meningkat kenerjanya. Secara parsial menunjukkan
bahwa koefisien sikap pustakawan sebesar 0.315 dengan signifikansi sebesar 0.001 yang
menunjukkan bahwa sikap pengaruh terhadap kinerja pustakawan, yang berarti bahwa
peningkatan kompetensi akan berpengaruh terhadap sikap/periluku pustakawan yang
mengarah pada peningkatan kinerja pustakawan Universitas Hasanuddin.
Kata kunci: Pengetahuan, keterampilan, sikap.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komptensi yang terdiri dari
pengetauan, keterampilan, dan sikap terhadap kinerja Pustakawan Universitas
Hasanuddin. Dan untuk mengetahui dan mengnalisis kompetensi yang dominan yang
berpengaruh terhadap kinerja pustakawan Universitas Hasanuddin.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini
bertsifat survey yaitu menganalisis fakta yang menunjang keterangan yang diperlukan
untuk mendukung penelitian dalam memecahkan dan menjawab pokok permasalahan
yang diajukan yaitu analisis kompetensi yang berpengaruh terhadap kinerja Pustakawan
Universitas Hasanuddin. Dan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner, data dianalisis
secara deskriptif dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa nilai
F hitung sebesar 87,270 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 yang menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel pengetahuan, keterampilan, dan sikap
terhadap kinerja pustakawan Universitas Hasanuddin. Hasil uji secara parsial
menunjukkan bahwa koefisien variabel pengetahuan sebesar 0.352 dengan nilai t hitung
2,195 dengan signifikansi sebesar 0.035 yang menunjukkan bahwa pengetahuan
berbengaruh secara positif, signifikan dan dominan tehadap kinerja pustakawan
Universitas Hasanuddin, yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan, maka
semakin tinggi pula wawasan keilmuan pustakawan untuk meningkatkan kinerjanya.
Secara parsial menunjukkan bahwa koefisien keterampilan sebesar 0.296 dengan
signifikansi sebesar 0.0046 yang menunjukkan bahwa keterampilan berpengaruh terhadap
kinerja pustakawan Universitas Hasanuddin, yang berarti bahwa semakin tinggi skill yang
dimiliki pustakawan akan semakin meningkat kenerjanya. Secara parsial menunjukkan
bahwa koefisien sikap pustakawan sebesar 0.315 dengan signifikansi sebesar 0.001 yang
menunjukkan bahwa sikap pengaruh terhadap kinerja pustakawan, yang berarti bahwa
peningkatan kompetensi akan berpengaruh terhadap sikap/periluku pustakawan yang
mengarah pada peningkatan kinerja pustakawan Universitas Hasanuddin.
Kata kunci: Pengetahuan, keterampilan, sikap.
Article Details
Section
Articles