PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi informasi yang terdiri dari automasi perpustakaan dan layanan digital terhadap kualitas pelayanan pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara. (2) mengetahui variabel yang paling dominan dan signifikan berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, kuisoner dan telaah dokumen yang digunakan sebagai teknik pengumpulan data Hasil Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara variabel otomasi perpustakaan dan layanan digital dengan variabel kualitas pelayanan pemustaka. Diperoleh nilai korelasi 0,605 berarti tingkat korelasi otomasi perpustakaan dengan kualitas pelayanan pemustaka pada taraf kuat, sementara korelasi antara layanan digital dengan kualitas pelayanan pemustaka 0,461 berarti tingkat korelasi layanan digital dengan kualitas pelayanan pemustaka pada taraf yang sedang. Koefisien Determinasi adalah 0,633. artinya 63,30% variasi dari kualitas pelayanan pemustaka dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel bebas, yaitu otomasi perpustakaan dan layanan digital. Sedangkan sisanya 36,70% dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Kata kunci : kualitas layanan, Automasi perpustakaan, layanan digital ABSTRACT This research aims to: (1) to analyzed the effect of the utilization of information technology which consisting of library automation and digital services towards the quality of services at Department of Public Library and Regional Archives Province of South East Sulawesi. (2) to find out the most dominant variable and significantly influence on the quality of service. This study used a descriptive quantitative approach using interviews , observations , questionnaires and review of documents used as data collection techniques The result of the research shows that both library automation variable and digital services, has a significant positive influence towards the quality of services to the library users. The correlation value obtained 0,605 which means that the correlation degree between library automation with the quality of service of library users occupied the high level, meanwhile the correlation between digital services with the quality of service of library users obtained 0,461 which means that the correlation degree between with the quality service of library users occupied medium level. Coefficient of Determination is 0,633 means 63,30% quality service of library users can be explained by independent variable variation i.e library automation and digital services. While the remaining 36,70% can be explained by other reasons. Keyword: quality of service, library automation, digital services
Article Details
Section
Articles