STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMANFAATAN

Main Article Content

M. Yusri

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pelaksanaan strategi komunikasi pemanfaatan perpustakaan dan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi pemanfaatan perpustakaan terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar Metode penelitian ini deskriftif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner, penelitian kepustakwanan dan studi dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi Pemanfaatan Perpustakaan STMIK Handayani Makassar berada pada kategori tinggi ( 66,67%), hal ini menegaskan bahwa komunikasi Pustakawan, melalui pendekatan komunikasi opini, empati, dan keterbukaan kepada mahasiswa yang akan berdampak baik terhadap meningkatkan motivasi dan hasil proses belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Bahwa peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar berada pada kategori tinggi. ( 53,34% ) hal ini memberikan apresiasi dan keinginan oleh Pustakawan, bahwa dengan penerapan Strategi komunikasi antapribadi yang efektif maka peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa melalui pendekatan dorongan, rasa ingin tahu dan kemampuan/kepercayaan diri dengan Pustakawan akan semakin tinggi pula motivasi belajar yang didapatkan kemudian. Strategi Komunikasi Pustakawan mempunyai hubungan yang kuat dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar mahasiswa STMIK Handayani Makassar. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi R = 0,861 (mendekati nilai angka 1). Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Pemanfaatan Perpustakaan dan Motivasi Belajar Mahasiswa

 

ABSTRACT

This study aims to investigate the implementation of a communication strategy for the use of per - library and to determine the effect of library use communication strategies to increase student motivation to learn STMIK Handy Makassar This research method is descriptive quantitative data collection through interviews, questionnaires, and studies dokumenter.Hasil kepustakwanan research studies show that the utilization of the communication strategy STMIK Handy Library Makassar at the high category ( 66.67 % ) , it is asserted that communications librarian, through approaches opinion communication, empathy, and openness to students who will contribute to improve motivation and learning outcomes of students STMIK Handy Makassar . That increase student motivation and learning outcomes STMIK Handy Makassar at the high category. ( 53.34 % ) this gives an appreciation and a desire by the Librarian, that the implementation of an effective communication strategy antapribadi then increase student motivation and learning outcomes through the approach of encouragement, curiosity and the ability/confidence to the Librarian will be the higher the motivation to learn obtained later. Communication Strategy Librarians have a strong relationship with increased student motivation and learning outcomes STMIK Handy Makassar. It is characterized by the correlation coefficient R = 0.861 (close to the numerical value 1 ). Keywords: Communication Strategies, Utilization of Library and Student Learning Motivation

Article Details

Section
Articles
Author Biography

M. Yusri, Universitas Perjuangan Republik Indonesia, Makassar

Pustakawan pada UPT Perpustakaan Universitas Perjuangan RI Makassar