PENGARUH PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS HASANUDDIN
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Pengaruh frekuensi pemanfaatan layanan perpustakaan
terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas Hasanuddin; (2) Untuk mengetahui Pengaruh
intensitas pemanfaatan layanan perpustakaan terhadap prestasi belajar mahasiswa Universitas
Hasanuddin; (3) untuk mengetahui dan menganalisis manakah faktor-faktor tersebut berpengaruh
dominan dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa.Penelitian ini dilaksanakan pada UPT
Perpustakaan Universitas Hasanuddin Makassar dengan populasi seluruh mahasiswa Universitas
Hasanuddin yang mengunjungi perpustakaan dengan sampel sebanyak 76 orang mahasiswa. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk menjelaskan data frekuensi pemanfaatan
berbagai layanan yang ada di perpustakaan dan prestasi belajar mahasiswa Unhas. Sedangkan
Analisis regresi linear sederhana dengan rumus Koefisien Korelasi Product Moment digunakan untuk
membuktikan adanya hubungan positif antara pemanfaatan layanan perpustakaan dengan prestasi
belajar mahasiswa.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dugaan hipotesis Ho ditolak dan Hi diterima
yaitu Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan layanan perpustakaan dengan
prestasi belajar mahasiswa di Universitas Hasanuddin.Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa
variabel pelayanan sirkulasi yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Kata Kunci:Layanan, Pemanfaatan Perpustakaan, Prestasi belajar..
ABSTRACT
This study aims to : (1) To know the effect of the frequency of use of library services on student
achievement Hasanuddin University, (2) To know the effect of the intensity of use of library services
on student achievement Hasanuddin University, (3) to identify and analyze the factors Which
dominant and significant effect on student achievement. The research was conducted at the University
of Hasanuddin Makassar Library Unit with the entire student population of the University of
Hasanuddin who visited the library with a sample of 76 students. Analysis of the data used is
descriptive analysis of the data to explain the frequency of utilization of various services available in
the library and student achievement Unhas. While a simple linear regression analysis with Product
Moment Correlation Coefficient formula is used to prove the existence of a positive relationship
between the use of library services to the achievement of students. Research results show that the
alleged hypothesis is rejected and Hi Ho received There is a positive and significant influence
between the utilization of library services to the achievement of students at the University of
Hasanuddin. The results also indicate that variables circulation services are the most dominant
influence on student achievement.
Keywords :Library Services, Utilization Library, Learning achievement.