- Strategi Komunikasi Pustakawan dalam Promosi Penyebarluasan Informasi di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin -

Main Article Content

St. Aisyah, S. Sos Andi Muh. Akib Hamzah

Abstract

Strategi Komunikasi Pustakawan dalam Promosi Penyebarluasan Informasi di UPT Universitas Hasanuddin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui, menganalisis dan menggambarkan strategi komunikasi pustakawan dalam promosi penyebarluasan informasi di UPT Universitas Hasanuddin.Penelitian ini bersifat kuantitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Hasanuddin. Penentuan sampel menggunakan metodepurposive random sampling, jumlah responden 100 mahasiswa. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dinalisis kuantitatif menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian bahwa:1) strategi komunikasi pustakawan dalam promosi penyebarluasan informasi di UPT Perpustakaan di lakukan melalui media online yakni facebook, instagram dan website dengan beberapa indikator seperti komunikator, komunikan atau khalayak, pesan, media atau saluran, dan efek komunikasi rata-rata tanggapan responden kategori baik. Komunikator meliputi kecakapan atau keahlian pustaka sangat mendukung, dan daya tarik atau penampilan pustakawan serta membangun kepercayaan kepada komunikan dapat mendukung. Komunikan aktif berkomunikasi. Pesan sangat mendukung dalam berkomunikasi. Facebook dan instagram sangat sering digunakan oleh komunikan. Efek atau hasil komunikasi melalui facebook, instragram dan website adalah kualitas daya tarik dan kredibilitas komunikator dalam menyajikan pesan informasi berhasil merubah pola perilaku komunikan, isi pesan yang disampaikan dapat mengubah sikap komunikan menghasilkan komunikasi yang baik. 2) Hambatan dalam strategi komunikasi  pustakawan dalam promosi penyebarluasan informasi di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin adalah sulitnya komunikan memahami pesan dengan baik, media facebook, instagram, gangguan saluran dalam berkomunikasi dan website yang digunakan belum tepat, bahasa atau lambang yang digunakan dalam isi pesan tidak mudah dipahami oleh komunikan bukan merupakan hambatan kendala dalam strategi komunikasi pustakawan dalam promosi penyebarluasan informasi di UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin.

Article Details

Section
Articles