Kinerja Layanan Penyetoran Karya Ilmiah Berbasis Online di UPT Perpustakaan Unhas
Main Article Content
Abstract
Kinerja Layanan Penyetoran Karya Ilmiah Berbasis Online di UPT Perpustakaan Unhas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan menggambarkan kinerja layanan penyetoran karya ilmiah berbasis online, kendala pustakawan dalam memverifiaksi karya ilmiah berbasis online dan solusi pustakawan dalam memverifiaksi karya ilmiah berbasis online. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa sebanyak 55 orang dan pustakawan 4 orang sebagai responden, data dikumpulkan melalui kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Untuk kinerja pelayanan penyetoran karya ilmiah berbasis online baik dari sisi aplikasi maupun kinerja pustakawannya pada umumnya (79-99%) meyatakan sangat puas dengan 4 saran dari mahasiswa yaitu a) Sebaiknya terdapat menu pilihan untuk print berkas dokumen yang telah diterima. b) Sebaiknya menu untuk mencetak bukti publikasi karya ilmiah. c) Sebaiknya dipisahkan website untuk setiap strata dan diberikan petunjuk lebih Jelas dalam pengisian. d) Sebaiknya dihalaman depan (beranda) ditampilkan contoh langkah penyetoran karya ilmiah. . 2) kendala yang dihadapi oleh petugas saat memverifikasi berkas karya ilmiah yaitu tidak tersedianya sarana dan prasana yang dapat mendukung verifikasi karya ilmiah yang lebih efektif dan efisien. 3) perlunya penyediaan sarana dan prasarana, inovasi terhadap aplikasi agar lebih efektif dan efisien serta sosialisasi yang mendalam kepada mahasiswa sehingga tidak lagi terdapat kesalahan dalam proses verifikasi karya ilmiah berbasis online.
Kata Kunci : Kinerja Layanan, Teknologi Informasi, Berbasis Online
ABSTRACT
Service Performance of Scientific Publication Online-based Submission at UPT Unhas Library. The purpose of this research is to figure out, analyze, and describe the service performance of scientific publication online-based submission; the constraints of librarians in verifying online-based scientific publication; and librarians’ solutions in verifying online-based scientific publications. In this research, the authors used quantitative and qualitative descriptive research. The subjects of this research were 55 students and 4 librarians as respondents. The data collected through questionnaires, interviews, observations, and documentation. The data analyzed using a frequency table. The results show: 1) for the performance of scientific publication online-based submission, both in terms of applications and the performance of librarians in general (79-99%) they are very satisfied with the 4 suggestions from students, namely: an option menu to print document files that have been received; an option menu to print proof of publication of scientific papers; separate website for each strata and give clearer instructions in filling out; and steps for submitting scientific papers is displayed on the front page; 2) the obstacles faced by librarians when verifying scientific work files are the unavailability of facilities and infrastructure that can support more effective and efficient verification of scientific papers; and 3) the need for the provision of facilities, infrastructure, and innovation in applications to be more effective and efficient and in-depth understanding to students so that there are less mistakes in the online-based verification process.
Keywords: service performance, information technology, online based.