STRATEGI VIRAL MARKETING IM3 INDOSAT DALAM MENARIK PELANGGAN KAWULA MUDA DI MAKASSAR

Authors

  • Sartika Sari Wardhanhi Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v1i4.325

Keywords:

viral marketing, youth customer

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah menggambarkan dampak strategi viral marketing yang dilakukan oleh Marketing IM3 Indosat Makassar terhadap tinggat penjualan. Desain penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku-perilaku yang dapat diamati.Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara maupun studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Viral Marketing yang dilakukan oleh divisi Marketing IM3 Indosat adalah salah satu bentuk strategi marketing baru yang dilakukan oleh Marketing IM3 Indosat Makassar dengan mengirimkan pesan-pesan promo kepada para remaja yang merupakan pelanggan utama dari IM3 melalui fitur broadcast message yang terdapat pada Blackberry dengan menggunakan teknologi Blackberry Internet Service sebagai strategi word of mouth marketing secara online. Memilih media Blackberry adalah suatu hal yang tepat karena smartphone ini paling banyak digunakan oleh kawula muda yang juga merupakan target utama dari pelanggan IM3 Indosat, selain itu Blackberry juga menjadi media yang tepat untuk merepresentasikan perubahan hubungan dari vertical menjadi horizontal antara Perusahaan dan Pelanggan. Startegi viral marketing ini cukup memberikan dampak yang baik secara awareness dan mendukung strategi promosi lain yang juga dilakukan oleh IM3 Indosat Makassar.ABSTRACTThe aim of the study is to describe the effect of viral marketing of Makassar Indosat IM3 team used to increase the sales level. The research approach is  a qualitative analysis which produced a descriptive data such as written word or oral form from obtained from people and their behaviours being observed. The data was obtained from interview and documentation. The result of research indicated that viral marketing strategy by IM3 Indosat Marketing team used is a new form of strategy on marketing world by sending some promotion messages to young people as their main target customers through broadcast messages contained on Blackberry using the Blackberry Internet Service as a word of mouth online strategy. Blackberry was chosen as an effective media because of many young people use them to communicate with others, and  it is a perfect toolwhich represents changes from vertical to horizontal relationship between the company and its customers. The viral marketing strategy is good enough to give some good impacts on promotion awareness and support other promotion strategies by IM3 Indosat marketing team.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Ali. 2005. Viral Marketing On Strategy (Membangun Mega Bisnis dengan Konsep Viral Marketing). Yogyakarta: Penerbit Andi

Dave, Chaffey et al. 2003. Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. New Jersey: Prentice Hall.

Goldsmith, Russell. 2002. Viral Marketing. Get Your Audience To Do Your Marketing For You. Great Britain : Pearson Eduction Limited.

Kartajaya, Hermawan. 2010. New Wave Marketing ”The World is Still Round The Market is Already Flat”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

----------------------------. 2010. Connect!Surfing New Wave Marketing. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Poster, Mark 1995. The Second Media Age (Chapter 2). Cambridge: Polity Press.

Downloads

Published

2016-06-20