HEADLINE POLITIK DAN POLITIK HEADLINE DALAM HARIAN FAJAR DAN TRIBUN TIMUR - KEBIJAKAN EDITORIAL SURAT KABAR DI MAKASSAR

Authors

  • Riza Darma Putra Universitas Hasanuddin
  • Andi Alimuddin Unde Universitas Hasanuddin
  • Hasrullah Hasrullah Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v2i4.337

Keywords:

Headlinepolitics, media, editorialpolicy, political economy

Abstract

Abstrak Headline sebagai representasi media meniscayakan sikap politik media itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) alasan berita politik dijadikan sebagai headline oleh Fajar dan Tribun Timur, (2) kecenderungan pemberitaan headline politik Fajar dan Tribun Timur, (3) kebijakan redaksi Fajar dan Tribun Timur dalam penentuan headline politik dan yang terakhir melihat faktor yang berpengaruh terhadap penentuan headline politik. Penelitian ini mengkombinasikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penulis menggunakan content analysis untuk melihat kecenderungan media sedangkan Kualitatif dengan mengeskplor kebijakan redaksi serta faktor yang mempengaruhi headline politik. Hasil penelitian ini menunjukkan alasan dipilihnya politik sebagai headline karena nilai beritanya, selain itu juga karena dimintai oleh pembaca. Kecenderungan pemberitaan headline Fajar dan Tribun Timur lebih mengarah pada politik sebagai arena struggle of power. Faktor yang mempengaruhi penentuan headline politik adalah faktor Internal yaitu kebijakan redaksi, serta dalam konteks tertentu pemilik modal. Sementara faktor eksternal lebih kepada kepentingan elit politik. AbstractHeadline representthe point of view the media. This study aims to determine (1) serve as a reason for political news headlines Fajar and Tribun Timur (2) The tendency of the news headlines of Politics Fajar and Tribun Timur (3) Editorial policy Fajar and Tribun Timur about the political headline news. This study combines quantitative and qualitative approaches. The author uses content analysis to look at the media while the qualitative trend with eksplore editorial policy and political factors that affect the headline. Results of this study indicate reasons for choosing politics as a headline for the news value, but it is also as asked by readers. TendencyFajar and Tribun Timur political headline: politics as an arena of struggle of power. Factors affecting the determination of the political headlines are Internal factors that editors policy, as well as in the specific context of capital owners. While external factors are interests of the political elit. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrew, Blake C. (2007). Media Generated Shortcuts: Do Newspaper Headlines Present another Roadblock for Low Information Rationality? The Harvard international Journal of Press/Politics. London

____________(2008). Behind the Headlines, it’s a Different Story? Variation in the Supply of Mass mediated Political Information. Paper for The Annual Meeting of The Canadian Political Science Association,Vancouver Canada

____________(2009). Mass mediated Cana- dian Politics : CBC News In Comparative Perspective. Paper for The Annual Meeting of The Canadian Political Science Association,Vancouver Canada

Bungin, Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Grup.

Eriyanto. (2011). Isi, Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-IlmuSosialLainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup

_______. (2001). Analisis Wacana. Yogyakarta:

LKis Yogyakarta.

Hill, David T. (2011). Pers di Masa Orde Baru. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mallarangeng, Rizal. (2010). Pers Orde Baru. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

McQuail, Denis.(2011). Teori Komunikasi Massa Mcquail.Jakarta: Salemba Humanika.

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Pawito. (2009). Komunikasi Politik Media Massa dan Kampanye Pemilihan. Yogyakarta: Jalasutra

_______. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif.Yogyakarta :LKIS.

Rolnicki, Tom E dkk. (2008). Pengantar Dasar Jurnalisme. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sen, Krisna dan Hill David. (2001). Media, Budaya dan Politik di Indonesia. Jakarta: Institut Studi Arus Informasi.

Shoemaker, Pamela J dan Vos Tim P. (2009). Gatekeeping Theory. New York: Madison Ave.

Sudibyo, Agus. (2004). Ekonomi Politik Media Penyiaran.Yogyakarta: LkiS.

____________.(2000). Absennya Kajian Ekonomi Politik Media di Indonesia. Yogjakarta. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik FISIP UGM.

Downloads

Published

2016-06-20