SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI APEKSI UNTUK PENINGKATAN TATA PEMERINTAHAN KOTA DI KAWASAN TIMUR INDONESIA

Authors

  • Andi Nur Fitri Universitas Hasanuddin
  • Hafied Cangara Universitas Hasanuddin
  • Andi Alimuddin Unde Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v2i4.339

Keywords:

System, Information, Communication, Apeksi

Abstract

Abstrak Pembentukan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) pada tahun 2000 untuk menjembatani kepentingan dan kebutuhan tingkat kota. Asosiasi ini berperan sebagai wadah pemersatu, fasilitasi, dan mediasi pemerintah kota dalam menata dan menyelenggarakan tata pemerintahan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami organisasi APEKSI dalam perspektif komunikasi, baik dalam tinjauan sistem informasi dan jaringan komunikasinya. Tipe penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi di APEKSI kebanyakan menggunakan selular dan sms, namun tidak demikian dengan penggunaan sosial media. Jaringan komunikasi di APEKSI seperti kegiatan-kegiatan seminar, lokakarya, bimbingan teknis, dan kegiatan lainnya menjamin keberlangsungan APEKSI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa keanggotaan di APEKSI telah mengikuti dinamika perkembangan teknologi informasi dan jaringan komunikasi yang terstruktur. Abstract The Association of Indonesian Municipalities (APEKSI) which is formed in 2000 aimed to bridge the interests and needs of the city level. The association acts as a unifying, facilitation, mediation and city governments in managing and organizing their governance. This study aims to understand the perspective of APEKSI in communication, both in the review of information systems and communication networks. The type of research is qualitative. The results showed that mobile and sms is most used by APEKSI as information system, but not so with the use of social media. APEKSI communication network in such activities seminars, workshops, technical assistance, and other activities ensure the sustainability of APEKSI. It can be concluded that membership in APEKSI have followed the dynamics of the development of information technology and structured communications networks. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bedward, Diana dan Stredwick, John. (2004). Managing Information:Core Management. Elsevier Butterworth- Heinemann. Oxford.

DeVito, Joseph A. (2007). Komunikasi Antarbudaya; Kuliah Dasar. Profesional Books. Jakarta.

Jogiyanto.(2009).Sistem Teknologi Informasi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Ladjamudin, Al Bahra. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Liitlejohn, Stephen W &Fox, Karen A (ed). (2009).Encyclopedia of Communication Theory.Sage Publications. USA

Mulyanto, Agus. (2009). Sistem Informasi: Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Pace, R. Wayne dan Faules, Don F. (2009).

Komunikasi Organisasi; Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan.PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sadik, Muh Nur. (2003). Elektronik Market untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Rangka Memasuki Pasar Global. Makalah.

Siregar, Muhammad Arifin. (2008). Penerapan Tata Kepemerintahan yang Baik dalam Penyelenggaraan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan Provinsi Bengkulu.Tesis tidak diterbitkan.

Semarang. Universitas Diponegoro Soyomukti, Nurani. (2010). Pengantar Ilmu

Komunikasi.Ar Ruzz Media.Yogyakarta. Sugiyono.(2011). Statistika untuk Penelitian.

Alfabeta: Bandung.

Downloads

Published

2016-06-20