PEMANFAATAN E-LEARNING MOODLE PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMK NEGERI 5 MAKASSAR

Authors

  • Yati Samsuddin Universitas Hasanuddin
  • Asfah Rahman Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Nadjib Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31947/kjik.v2i1.349

Keywords:

Learning Process, Media, Motivation, learning outcomes

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi dan pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia mempunyai kontribusi positif, terutama dalam kawasan pemanfaatan media internet untuk pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika di SMK Negeri 5 Makassar, pengaruh pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika di SMK Negeri 5 Makassar, danpengaruh dari e-learning moodle melalui motivasi terhadap hasil belajar di SMK Negeri 5 Makassar. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang diberi pembelajaran dengan e-learning moodle dan kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan penyampaian materi melalui presentasi guru menggunakan LCD proyektor. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK Negeri 5 Makassar yang seluruhnya berjumlah 177 peserta didik dengan sampel sebanyak 69 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dengan pemberian tes tertulis dan metode non tes dengan pemberian angket.Data penelitian ini diperoleh dari hasil tes tertulis dan angket yang diberikan sebelum (pre) dan sesudah (post) pembelajaran pada masing-masing kelompok sampel yang berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkanada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran Matematika di SMK Negeri 5 Makassar.Ada pengaruh positif yang signifikan dari pemanfaatan e-learning moodle terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Matematika di SMK Negeri 5 Makassar. Dan ada pengaruhe-learning moodle melalui motivasi terhadap hasil belajar Matematika di SMK Negeri 5 Makassar yang signifikan dengan adanya peningkatan hasil belajar. Hasil uji hipotesis memberikan kesimplan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan pada pemanfaatan e-learning moodle terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SMK Negeri Makassar.ABSTRACT Technological developments and the growth of Internet use in Indonesia has a positive contribution, especially in the use of the internet for learning. This study aimed to determine the influence of the use of e-learning moodle on learning motivation in Mathematics at SMK Negeri 5 Makassar,the influence of the use of e- learning moodle learning outcomes in Mathematics at SMK Negeri 5 Makassar, and the effect of e-learning moodle through motivation towards learning outcomes in SMK Negeri 5 Makassar. This quasi-experimental study used two groups, the experimental group who were learning with e-learning moodle and the control group were given with the delivery of learning materials through teacher presentations using LCD projectors. The population in this study was a class XI student of SMK Negeri 5 Makassar to the amount of 177 students with a sample of 69 students. Data collection techniques using the test by administering a written test and non- test methods by administering questionnaires. The data were obtained from the results of a written test and a questionnaire administered before (pre) and after (post) the learning in each sample group meetings take place 4 times. The results showed there is a significant positive effect of the use of e-learning moodle on learning motivation in Mathematics at SMK Negeri 5 Makassar. There is a significant positive effect of the use of e- learning moodle learning outcomes in Mathematics at SMK Negeri 5 Makassar. And there is the influence of e-learning moodle through motivation towards learning outcomes Mathematics at SMK Negeri 5 Makassar significantly with an increase in learning outcomes. Hypothesis test results lead to the conclusion that there is a significant positive effect on the use of e-learning moodle on motivation and learning outcomes of students in subjects of Mathematics at SMK Negeri Makassar. 

References

Andri Wintoro. Mengembangkan Jaringan untuk Mendukung Aplikasi Moodle Sebagai Pembelajaran E-learning di SMK Negeri 6 Makassar.Diakses padatanggal 25 April 2012, dari http://karyailmiah.unm.ac.id/index.php/TE/ar ticle/view/8035

Surjono HD. (2011). Membangun Course E- learning Berbasis Moodle. UNY Press: Y ogyakarta.

Holmes, B. & Gardner, J. (2006).E-LEARNING Concepts and Practice.SAGE Publications Ltd: London.

Syaiful Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Syaiful Sagala. (2008). Konsep dan Makna Pembelajaran.Alfabeta: Bandung.

Teguh Pambudi. (2010). Riding the Wave: Strategi Andal Menaklukkan Industri Software.Elex Media Komputindo: Jakarta.

Thursan Hakim. (2005). Belajar Secara Efektif. Puspa Swara: Jakarta.

Wahana Komputer. (2008). Langkah Mudah Mengembangkan dan Memanfaatkan Weblog.Andi Offset: Yogyakarta

W. Weaver dkk, yang matematika Teori Komunikasi,Urbana, Illinois: University of Illinois Pers, 1949, diterbitkan dalam paperback 1963.

Campbell, D.T. & (1966).Experimental

Stanley, J.C.

and Quasi- Experimental Designs for Research.Rand

McNally & Company: Chicago.

Gagne, Robert. M. (1984).The Conditioning of

Learning.

Gulo, W. (2002).Strategi Belajar Mengajar.

Grasindo: Jakarta.

Downloads

Published

2016-06-20

Issue

Section

Articles